Penulis: Alhasbi
Membuat foto aesthetic saat ini menjadi hal yang diperhitungkan para pengguna Instagram. Bagaimana tidak, media sosial (khususnya Instagram) menjadi media ruang publik guna mengenali pemilik akun dengan mudah.
Nyatanya, foto aesthetic bisa Anda dapatkan dengan mudah menggunakan kamera smartphone saja. Bahkan, tidak sedikit orang membeli smartphone dengan fasilitas kamera yang sangat canggih untuk mendapatkan foto yang aesthetic di feed Instagram.
Akan tetapi, tidak sedikit orang yang berhasil membuat feed Instagram mereka menjadi menarik tanpa perlu membeli kamera atau smartphone dengan kamera yang tentunya sangat mahal. Ada beberapa hal mendasar yang bisa Anda lakukan untuk membuat foto di Instagram terlihat aesthetic.
Hidup Digital kali ini akan menjelaskan beberapa tips untuk membuat foto terlihat aesthetic di Instagram.
Pahami audiens Anda
Para expert Instagram seperti Kat Walters (@katwalters) menjelaskan pentingnya memvisualkan merek kepada konsumen karena akan memberikan energi tertentu. Termasuk untuk pengikut, tentunya Anda ingin membuat mereka terkesima dan menginspirasi melalui konten visual tersebut.
Oleh karena itu, hal yang paling mendasar adalah memahami audiens Anda. Mungkin Anda menemukan banyak sekali keinginan pengikut terhadap Anda, namun sebaiknya bisa memilih salah satu yang spesifik pada audiens tertentu.
Ini cukup penting, karena nantinya Anda bisa menjadi role model bagi pengikut tentang apa yang Anda bagikan. Pastikan Anda memberikan konten positif yang menghibur dan menginspirasi orang lain.
Langkah mudahnya, Anda bisa mengikuti seseorang yang bisa Anda jadikan model dalam membuat konten visual Instagram. Mungkin tidak perlu sama, namun konten-konten mereka mempunyai ciri khas tertentu.
Gunakan skema warna yang konsisten
Mungkin terdengar sepele, namun warna bisa memberikan rasa tertentu. Anda bisa memilih skema warna dasar atau palet warna tertentu untuk konten visual di Instagram, tentunya yang khas dan memperlihatkan diri Anda.
Mungkin Anda perlu sedikit mempelajari tentang psikologi warna guna menerapkan warna khusus yang memperlihatkan Anda, atau “Anda banget!”.
Sebagai contoh, Anda hanya membagikan foto dengan teknik pencahayaan yang sama guna menciptakan harmoni dalam setiap postingan. Hal ini tentunya memungkinkan Anda untuk melakukan editing guna menyamakan tone warna agar sesuai.
Tidak sampai di pemilihan warna, konsistensi dalam setiap postingan juga memerankan hal penting. Mungkin dalam 1 sampai 9 postingan akan terlihat sedikit aneh, namun ini cara mudah untuk menanamkan memori konten visual Anda kepada para pengikut.
Baca Juga : Cara Posting Instagram Lewat PC atau Laptop
Buat sebuah tema
Memilih tema juga cukup penting karena tema melibatkan materi niche tertentu dan bisa juga mencakup komposisi dan pola. Ini akan membantu dalam mengidentifikasi niche Anda, terhubung dengan audiens yang sesuai, mengidentifikasi tagar yang relevan, dan meningkatkan pengikut Anda.
Tema bisa berangkat dari sebuah hobi yang ingin Anda bagikan kepada oran-orang. Misalkan, jika Anda gemar foto levitasi maka pilih foto-foto dengan tema levitasi yang inspiratif, jika suka dengan portrait maka bagikan foto dalam bentuk portrait, jika Anda hobi berjalan-jalan maka tampilkan foto jalan-jalan yang menyenangkan, dan hobi lainnya.
Memiliki tema sangat penting, karena secara tidak langsung itu akan menghibur pengikut Anda.
Selain itu, tema tidak harus selalu spesifik. Anda bisa memilih tema umum atau bereksperimen dengan memunculkan tema tertentu dalam periode tertentu.
Bahkan beberapa artis Instagram tidak membatasi diri dengan tema tertentu. Akan tetapi, postingan Instagram-nya mencakup gambar yang konsisten dengan salah satu tema luas. Misalkan, pengguna Instagram yang gemar memamerkan loyalitas terhadap pekerjaan dalam sebuah foto, maupun kehidupan glamor.
Temukan inspirasi untuk Anda
Jika Anda tidak dapat membayangkan estetika visual, Anda selalu dapat menjelajahi berbagai akun di Instagram. Temukan akun yang terkait dengan Anda atau berdasarkan estetika mereka.
Ikuti akun-akun yang bisa menjadi inspirasi Anda. Mereka tidak harus terlihat mirip pada awalnya, cukup ikuti akun yang Anda inginkan.
Setelah itu, Anda bisa memikirkan estetika apa yang Anda lihat dari akun-akun tersebut dan mengapa Anda harus mengikutinya. Dalam bidang bisnis, mungkin Anda perlu mempertanyakan apakah itu sesuai dengan merek bisnis Anda?
Ini bisa menjadi solusi ketika tidak dapat memvisualisasikan estetika ideal Anda. Oleh karena itu, menemukan akun yang sesuai dapat membantu Anda merencanakan tampilan dan nuansa feed Anda.
Baca Juga : Tips Mendapatkan Banyak Likes di Instagram
Gunakan gaya dan grid
Ketika Anda ingin memperlihatkan sesuatu di Instagram, Anda perlu mempertimbangkan bagaimana gambar-gambar tersebut akan nampak di profil (grid). Di sini, Anda bisa membatasi konten Anda agar tetap terlihat rapi dan aesthetic.
Misalkan Anda gemar membagikan konten makanan. Maka Anda perlu memikirkan bagaimana komposisi foto agar bisa terlihat jelas dan menarik. Gunakan beberapa teknik fotografi untuk membuatnya terlihat aesthetic di profil Instagram Anda.
Edit gambar sebelum posting
Mengambil gambar profesional menggunakan smartphone bukan hanya mungkin, tetapi membutuhkan proses penting yaitu editing.
Sesekali mungkin Anda beruntung mendapatkan momen yang tepat dan bisa mengunggahnya langsung di Instagram. Akan tetapi, jika Anda merasa gambar kurang tepat maka editing perlu Anda lakukan.
Tidak ada aturan yang melarang Anda melakukan proses editing. Bahkan, Instagram membekali pengguna dengan beberapa fitur editing maupun filter untuk membuat foto terlihat aesthetic.
Selain itu, ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengedit dan membuat gambar menjadi lebih sempurna untuk Anda bagikan. Anda juga bisa berkreasi dan membuat komposisi gambar yang menarik perhatian orang ketika scrolling Instagram.
Rencanakan konten
Jika Anda masih bingung untuk memilih tema, mungkin Anda perlu merencakan apa yang ingin Anda munculkan di Instagram. Ini solusi tepat untuk Anda yang suka bereksperimen dengan audiens.
Anda bisa merencanakan dengan tepat, misalkan menggunakan tema perjalanan untuk potingan bulan ini kemudian menerapkan tema lain di bulan selanjutnya. Ini juga bisa Anda terapkan pada tema-tema tertentu seperti model outfit tertentu, teknik fotografi tertentu, filter tertentu, dan sebagainya.
Prinsip dasarnya, Anda bisa merencanakan konten agar terlihat seimbang di feed Anda. Cara yang umum adalah mengunggah 3 foto dengan tone yang sama setiap upload agar terlihat aesthetic.
Yang tidak kalah penting, perhatikan waktu yang tepat untuk mengunggah. Pastikan konten Anda diakses oleh banyak orang untuk meningkatkan jangkauan.
Baca Juga : Strategi Menambah Follower Instagram dengan Benar
Selamat mencoba
Itulah beberapa tips untuk membuat foto aesthetic di Instagram. Jika Anda mempunyai tips lain yang tidak kalah mudah dan unik, silakan tulis di kolom komentar.
Selamat mencoba!
Sumber Hoot Suite. How to Create a Unique Instagram Aesthetic that Fits Your Brand. hootsuite.com Page Cloud. Instagram Aesthetics: 7 Pro Tips to Stand Out & Increase Followers. pagecloud.com Sked Social. (2022) How to Create an Instagram Aesthetic for Your Brand. skedsocial.com