Penulis: Alhasbi

Saat ini sudah muncul beragam model dan jenis smartphone. Bahkan satu tipe produk smartphone yang sama mempunyai perbedaan ukuran dan resolusi layar yang berbeda. Misalkan Samsung Galaxy S8 di mana S8+ mempunyai ukuran layar yang lebih panjang.

Tren ukuran layar ini juga semakin besar. Di tahun 2012, banyak smartphone Android muncul dengan ukuran layar 4-5 inchi. Sedangkan mulai tahun 2018 ke sini, ukuran layar smartphone Android juga bertambah besar antara 5,5-6 inchi.

Selain ukuran layar smartphone, terdapat juga beberapa hal penting seperti resolusi dan jenis panel layar. Semua hal tersebut berpengaruh terhadap kenyamanan pengguna.

Nah, kali ini Hidup Digital akan membahas tentang ukuran dan resolusi layar smartphone Android.

Ukuran layar smartphone Android

Di awal-awal tren smartphone Android, tahun 2010an, banyak perusahaan memproduksi Android dengan ukuran layar hanya berukuran 3 inch dengan 3 tombol di bawahnya.

Namun seiring perkembagan teknologi, ukuran layar pada smartphone Android juga semakin besar menjadi 4-5 inch, kemudian bertambah lagi menjadi 5-6 inch, dan seperti kebanyakan smartphone Android saat ini yaitu 6-7 inch.

 

Ukuran 7 inch sudah seperti batasan ukuran layar smartphone karena gadget dengan ukuran 8 inch lebih familiar dengan tablet.

Baca Juga : 3 Cara Transfer Data HP ke Laptop Mudah Tanpa Aplikasi

Resolusi layar smartphone Android

Selain ada ukuran, ada juga resolusi. Resolusi layar merupakan banyaknya pixel yang terdapat pada layar. Tentunya, semakin besar resolusi layar maka gambar yang tayang juga akan lebih tajam.

Resolusi layar smartphone Android juga bermacam-macam, bahkan mempunyai sebutan sendiri. Dulunya, sebuah telepon hanya menggunakan layar VGA. Namun, layar smartphone Android saat ini sudah banyak menggunakan HD, Full HD, 2K, bahkan 4K.

Ukuran resolusiSebutan
240 x 320Quarter VGA
320 x 480Half VGA
480 x 854Full Wide VGA
640 x 960Quarter High Definition
720 x 1280High Definition (HD)
1920 x 1080Full HD
1920 x 2160Full HD+
2560 x 1440Wide Quad-HD (WQHD/Quad-HD/QHD)
3840 x 2160Ultra HD (UHD)

 

High Definition (HD)

HD merupakan resolusi layar dengan ukuran 720p x 1280 yang sudah menjadi standar smartphone murah. Layar HD mampu menampilkan gambar yang cukup jelas.

High Definition mempunyai rasio 16:9, sama seperti rasio layar laptop dan wide-TV. Layar HD bisa Anda temukan di smartphone murah dan mainstream.

Full HD

Ini merupakan pengembangan dari HD dengan ukuran resolusi 1920 x 1080, tentunya lebih jelas daripada HD. Rasio perbandingan layar juga cukup lebar yaitu 16:9 atau wide-screen.

Layar ini bisa Anda temukan di smartphone menengah (1-3 juta), bahkan beberapa smartphone mainstream juga sudah mulai menggunakannya.

Quad-HD (2K)

Kebanyakan smartphone kelas premium menggunakan resolusi Quad-HD dengan resolusi 2560 x 1440. Biasanya, smartphone dengan layar ini juga dibekali dengan kamera yang mampu menghasilkan gambar dengan tingkat ketajaman yang tinggi.

Ultra HD (4K)

Layar UHD digunakan pada smartphone kelas flagship dengan resolusi 3840 x 2160. Kemampuannya tidak usah Anda ragukan lagi, pastinya lebih baik dari Quad-HD, karena menggunakan panel dengan kualitas tinggi.

Baca Juga : Membuka File Encryption di Android dengan Mudah 

Tipe panel layar 

Layar pada smartphone Android juga menggunakan beberapa tipe panel. Penggunaan jenis panel ini juga memengaruhi kualitas tampilan warna serta kecerahan layar.

Sebenarnya ada beberapa tipe panel, namun yang umum saat ini adalah LCD dan LED dengan beberapa jenisnya. Berikut adalah detailnya.

LCD

Liquid Crystal Display atau LCD mungkin sudah umum pada sebuah telepon pintar. Sebagaimana namanya, layar ini menggunakan cairan kristal yang tersinari cahaya dari belakang. Tipe panel ini bisa Anda temui di perangkat smartphone kelas menengah.

Dari perkembangannya, terdapat beberapa jenis LCD. Akan tetapi yang umum ada di smartphone, khususnya Android, adalah TFT LCD dan IPS LCD.

TFT LCD

Thin Film Transistor (TFT) merupakan versi LCD yang menggunakan matriks aktif (seperti AMOLED), di mana setiap piksel sudah terhubung dengan transistor dan kapasitor secara langsung.

TFT bekerja lebih baik daripada LCD biasa, serta mempunyai biaya produksi yang murah. Namun, TFT menyerap banyak energi dan kurang impresif pada sudut pandang dan produksi warna.

IPS LCD

In-Plane Switching (IPS) merupakan generasi LCD terbaik dengan mengadopsi teknik twisted nematic (TN).  TN memungkinkan distorsi warna muncul ketika Anda melihat layar dari beberapa sisi.

IPS lebih baik dari TFT karena menggunakan daya yang lebih irit namun memberikan sudut pandang yang lebih. Oleh karena itu, IPS atau Retina Display mampu memberikan kualitas gambar dan resolusi yang lebih baik.

OLED

Organic Light Emitting Diode (OLED) merupakan teknologi terbaru untuk layar smartphone dan monitor. Anda akan menemukan material organik pada OLED yang terdapat pada dua konduktor (anoda dan katoda) serta di antara kaca atas (seal) dan kaca bawah (substrate).

Dalam perkembangannya, penggunaan OLED untuk smartphone mengalami perubahan menjadi AMOLED dan Super AMOLED.

AMOLED

Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode merupakan tipe panel yang umum pada smartphone, khususnya produk premium. AMOLED memberikan produksi warna, cahaya, penggunaan daya, serta kecerahan yang lebih baik daripada OLED.

Super AMOLED

Tipe panel ini dikembangkan oleh Samsung, di mana AMOLED terbuat dari sensor sentuh yang terletak pada layar itu sendiri untuk mendapatkan sensor sentuh yang sensitif. Hal ini membuat penggunaan panel menjadi lebih tipis yang terus dikembangkan untuk kedepannya.

PPI Density pada layar smartphone

Setelah mengetahui ukuran dan resolusi layar, Anda akan menemukan PPI atau pixel density. PPI (pixels-per-inch) mengacu pada seberapa banyak pixel dalam ukuran 1 inchi layar.

Logikanya, semakin banyak dan semakin padat pixel akan menghasilkan kualitas gambar yang semakin jernih. Selain itu, banyaknya pixel atau PPI akan sejalan dengan kualitas layar yang digunakan. Berikut adalah PPI pada beberapa layar yang digunakan dalam smartphone Android.

  • HD menggunakan 290 sampai 300+ PPI.
  • Full HD menggunakan 300+ sampai 400+ PPI.
  • Quad-HD terdapat sekitar 500+ PPI.
  • Ultra HD terdapat sekitar 700+ PPI.

Baca Juga : Cara Instal TeamViewer: Desktop dan Mobile

Selamat mencoba

Itulah tadi beberapa resolusi dan ukuran layar pada smartphone Android. Seiring perkembangannya, penggunaan teknologi juga semakin meningkat sehingga akan menghasilkan gambar yang sangat baik. Selain itu, ke depannya, sebuah smartphone akan menggunakan beberapa jenis layar yang lebih baik lagi, mungkin dengan standar baru.

Semoga membantu dan selamat membaca!

 

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here