Penulis: Alhasbi

Sebenarnya, Anda bisa membuat daftar isi secara otomatis. Akan tetapi, jika belum terbiasa mungkin akan terasa ribet atau sulit. Sehingga, Anda bisa membuat daftar isi secara manual.

Anda pasti memerlukan daftar isi dalam menulis karya tulis, skripsi, laporan ilmiah, tesis, atau membuat buku. Daftar isi merupakan petunjuk penting bagi pembaca untuk menelusuri isi sebuah buku atau laporan.

Namun, yang umum terjadi ketika Anda membuat daftar isi secara manual adalah daftar isi menjadi tidak rapi. Kali ini Hidup Digital memberikan tips untuk membuat daftar isi secara manual dan pasti rapi.

Membuat format daftar isi manual yang rapi

Perlu Anda ketahui, cara ini bisa Anda lakukan di semua versi Microsoft Word. Selain itu, sebelum membuat daftar isi Anda perlu mempersiapkan draft daftar isi terlebih dahulu.

  1. Persiapkan rancangan daftar isi.

  1. Blok pada bagian daftar isi, kemudian klik kanan dan pilih Paragraph. Anda juga bisa menggunakan cara klik menu Home, kemudian klik tanda panah di ujung kanan bawah pada kolom Paragraph.

  1. Setelah muncul jendela Paragraph, klik menu Tabs… yang berada di ujung kiri bawah.

  1. Pada jendela Tabs, ada beberapa petunjuk yang perlu Anda perhatikan.
  • Tab stop position: untuk mengatur jarak tabulasi. Contoh menggunakan jarak 14 mm.
  • Default tab stops: merupakan jarak tabulasi yang disarankan Word.
  • Alignment untuk mengatur penempatan rata teks pada tabulasi. Contoh menggunakan rata kanan.
  • Leader untuk mengatur tanda pada daftar isi. Contoh menggunakan titik-titik.

  1. Jika sudah selesai mengaturnya, klik Set… Setelah itu, klik OK kemudian kembali ke lembar kerja.
  2. Letakkan pointer di ujung tulisan, kemudian sentuh tombol Tab pada keyboard Anda. Pada jarak tab, akan muncul tanda titik-titik secara otomatis.

  1. Lakukan pada sub bab lain dalam daftar isi Anda. Jangan lupa untuk memberikan nomor halamannya.

  1. Jika jarak yang telah Anda atur kurang sesuai, Anda bisa mengaturnya secara manual melalui Ruler yang berada di bagian atas lembar kerja. Tarik tanda alignment untuk menjauh atau mendekat, sesuai dengan yang Anda inginkan.

Pada beberapa Word, mungkin Anda perlu memunculkan Ruler di Microsoft Word terlebih dahulu.

  1. Cara lain untuk membuatnya lebih rapi, Anda bisa menambahkan alignment ke kanan. Namun, sebelum memasukkan angka Anda harus menekan Tab sekali lagi. Sehingga tanda titik-titik menjadi rata kanan sedangkan angka menjadi rata kiri.

  1. Daftar isi sudah rapi dan tulisan Anda siap dicetak.

Baca Juga : Membuat Daftar Isi di Microsoft Word secara Otomatis

Selamat Mencoba

Membuat daftar isi secara manual sangat mudah bukan? Cukup ikuti petunjuk di atas, daftar isi Anda pasti rapi.

Jika Anda tidak ingin pusing, Anda juga bisa mencoba untuk membuat daftar isi secara otomatis di Microsoft Word. Anda bisa mengikuti petunjuk di artikel ini.

Selamat mencoba!

Sumber

California State University. Setting Up a Table of Contents. csulb.edu

Colorado State University. Creating a Manual Table of Contents. colostate.edu

Drexel University. Adding Tabs and Dot Leaders in Microsoft Word. drexel.edu

Microsoft. (2019). Table of Contents tabs. answers.microsoft.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here