Penulis: Alhasbi

Bisakah membuat denah undangan menggunakan Microsoft Paint? Bagi beberapa orang, denah merupakan sebuah konten penting yang umum ada di undangan. Biasanya, denah muncul di halaman belakang undangan pernikahan.

Meskipun sudah ada Google Maps, Waze, serta kode QR, nyatanya masih banyak orang yang menggunakan denah untuk mempermudah pencarian suatu lokasi. Sehingga, Anda mungkin perlu membuat desain denah lokasi.

Pada kali ini, Hidup Digital akan memberikan tutorial mudah untuk membuat denah menggunakan Microsoft Paint.

Microsoft Paint

Perlu Anda ketahui, sebagai aplikasi olah gambar, Anda bisa melakukan banyak hal menggunakan Paint seperti editing sederhana, membuat foto 3×4 atau 4×6, mengganti latar foto, dan salah satunya adalah membuat denah sederhana.

Bagi para desainer atau profesional tentu akan memilih untuk menggunakan aplikasi editor seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, atau Adobe Illustrator untuk membuat denah. Namun, Anda juga bisa menggunakan Paint untuk sekadar membuat tayangan denah yang sederhana.

Membuat denah memang tidak sesulit membuat proyeksi peta. Anda tidak perlu menyertakan detail lika-liku jalan. Selain itu bentuknya pun menjadi sangat sederhana, hanya menekankan pada suatu titik koordinat sebagai patokan.

Oleh karena itu, denah bagi beberapa orang sangat membantu, terutama bagi Anda yang pusing melihat proyeksi jalan di Google Maps.

Membuat denah

Adapun cara membuat denah undangan menggunakan Paint sangatlah mudah.

  1. Persiapkan ikon yang Anda butuhkan. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya dengan browsing di Google atau menggunakan website yang membagikan ikon-ikon denah.

Sebagai tips, pastikan ikon yang Anda gunakan seragam atau satu tema. Dengan begitu, nantinya denah Anda akan terlihat lebih bagus.

  1. Buka aplikasi Microsoft Paint terlebih dahulu.

Baca Juga : Aplikasi untuk Membuat Graffiti 

  1. Atur resolusi kanvas agar nantinya kualitas gambar menjadi lebih baik, bagus, dan pixel tidak pecah. Klik Resize > Pixels kemudian atur resolusinya. Semakin besar resolusi yang Anda gunakan maka semakin baik gambar yang dihasilkan.

  1. Untuk mempermudah saat menggambar, Anda bisa memunculkan Gridlines (Ctrl + G) atau garis bantu. Klik menu View kemudian tandai bagian Gridlines.

  1. Saatnya mulai membuat denah. Klik Line dan pilih ukuran garis yang Anda inginkan.

  1. Mulai dengan membuat denah jalan menggunakan Line sesuai dengan garis bantu (Gridlines).

  1. Jika sudah sesuai, klik Text Tool untuk menambahkan tulisan berupa nama jalan nama gedung, atau titik acuan tertentu. Anda juga bisa mematikan fitur Gridlines (langkah 4) agar tidak bingung.

  1. Sampai di sini, denah Anda 70% sudah jadi. Selanjutnya adalah memasukkan ikon-ikon yang tadi sudah Anda persiapkan. Klik tab Home kemudian pilih Paste > Paste from.

  1. Pilih ikon yang ingin Anda masukkan ke dalam denah.

  1. Jika ikon yang muncul terlalu besar, Anda bisa mengecilkannya dengan cara menarik titik yang berada di sisi kanan bawah ikon. Sesuaikan ukuran dengan denah yang Anda buat.

  1. Ulangi langkah 8 dan 9 untuk memasukkan semua ikon ke dalam denah.

  1. Ketika sudah selesai, Anda bisa menyimpannya. Klik File > Save As. Sebaiknya simpan dengan format PNG untuk memudahkan layout dalam undangan.

Baca Juga : Photoshop: Membuat Tulisan Melingkar 

Selamat mencoba

Membuat denah undangan menggunakan Paint cukup mudah kan? Cara di atas merupakan cara dasar saja. Anda bisa saja menambahkan ornamen atau data lain sesuai dengan kreativitas Anda.

Selamat mencoba.

 

Sumber

Baba Mail. Getting to know MS Paint. ba-bamail.com

Brittany Washburn. How to use Microsoft Paint. brittanywashburn.com

Digital Citizen. (2018). 7 things you can do with Paint in Windows 10. digitalcitizen.life

Wiki How. (2021). How to Use Microsoft Paint in Windows. wikihow.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here