Penulis: Alhasbi

Apakah Anda pernah mencoba untuk cetak amplop menggunakan Microsoft Word? Sebagai bagian dari package software, Word mempunyai banyak fungsi yang bisa Anda gunakan, termasuk cetak amplop.

Ketika Anda orang yang memperhatikan kerapian atau ingin mencetak surat dengan jumlah banyak, Microsoft Word dapat menjadi solusi tepat agar pekerjaan Anda terselesaikan dengan mudah.

Sebenarnya cetak amplop di Microsoft Word merupakan hal yang mudah, namun masih banyak orang yang tidak tahu caranya. Oleh karena itu Hidup Digital akan menjelaskan cara cetak amplop di Microsoft Word.

Tahap 1, mengatur format amplop

Tahukah Anda bahwa setiap instalasi Word mempunyai pengaturan ukuran kertas untuk amplop. Amplop sendiri sebenarnya mempunyai ukuran standar internasional, sehingga dapat dengan mudah Anda terapkan di Word.

  1. Buka Microsoft Word terlebih dahulu, kemudian buka dokumen baru.
  2. Masuk ke tab Mailings kemudian pilih Start Mail Merge > Envelopes…

  1. Setelah muncul jendela Envelope Options, masuk ke tab Envelope Options. Di sini Anda bisa mengatur ukuran amplop yang Anda gunakan di bagian Envelope size. Pastikan ukuran amplop yang Anda pilih sesuai dengan ukuran amplop yang Anda gunakan. Anda bisa melihat ukuran di kemasan amplop atau mengukurnya menggunakan penggaris.

  1. Setelah itu, pindah ke tab Printing Options untuk mengatur cara cetak amplop. Di bagian Feed method Anda bisa mengatur cara cetak sesuai dengan kemampuan printer Anda. Kemudian Anda bisa memilih Face up untuk mencetak bagian depan amplop dan Face down untuk mencetak bagian belakang amplop. Sebagai contoh adalah bagian depan.

  1. Jika semuanya sudah sesuai maka Anda bisa klik OK untuk menerapkan pengaturan di dokumen Word.

Baca Juga : Cara Mengetik di Word Menggunakan Suara

Tahap 2, menambahkan kop surat

Khusus untuk instansi tertentu, mungkin Anda perlu memberikan kop surat pada amplop. Namun jika Anda tidak membutuhkan kop, Anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

Untuk menambahkannya, Anda bisa membuat kop di Word seperti pada umumnya, yaitu sebagai berikut.

  1. Setelah lembar kerja amplop muncul, Anda bisa menambahkan kop surat menggunakan fitur header dengan cara double-click bagian atas lembar kerja.

  1. Kemudian di bagian First Page Header, Anda bisa membuat kop surat di situ agar tersimpan untuk lembar kerja selanjutnya secara otomatis.

  1. Anda juga bisa menggunakan pengaturan yang tersedia dalam Word dengan klik tab Design > Header > pilih model kop.

Tahap 3, menulis penerima surat

Ketika pengaturan sudah sesuai, Anda bisa mulai untuk menuliskan penerima surat. Adapun penulisannya bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda.

Namun, jika penerima surat ada banyak maka Anda bisa menggunakan fitur Mail Merge pada Microsoft Word. Dengan begitu, Anda tidak akan lelah mengatur format satu per-satu. Adapun untuk cara membuat mail merge bisa Anda baca dalam artikel Mengatur Penerima Surat Menggunakan Mail Merge di Microsoft Word.

Baca Juga : Anti Ribet! Membuat Label Undangan di Microsoft Word

Selamat mencoba

Jadi seperti itulah cara mudah cetak amplop di Microsoft Word. Jika Anda mempunyai kiat atau cara lain untuk cetak amplop, silakan tulis di kolom komentar.

Selamat mencoba!

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here