Penulis: Alhasbi

Kebanyakan orang saat ini tidak lagi menggunakan piranti mouse dengan kabel, melainkan menggunakan teknologi wireless. Lantas apa yang harus Anda lakukan jika mouse wireless tidak terdeteksi?

Penggunaan mouse wireless memang menjadi pilihan. Selain tidak memerlukan kabel dan praktis, harga mouse wireless juga cukup terjangkau. Mouse wireless membuat semuanya terlihat lebih ringkas karena Anda tidak perlu susah payah untuk mengulur kabel, terlebih untuk Anda yang gemar bepergian membawa laptop.

Perlu Anda ketahui, fungsi mouse wireless tentu sama seperti mouse kabel. Akan tetapi, mouse tipe ini mengganti penggunaan kabel dengan wireless (nirkabel). Mouse akan mengirim sinyal ke dongle yang terhubung dengan laptop atau komputer melalui port USB sehingga akan bergerak sebagaimana mestinya.

Akan tetapi, masalah yang mungkin dan sering terjadi adalah mouse wireless tidak terdeteksi oleh komputer. Ketika ini terjadi, mungkin akan mengganggu pekerjaan. Nah, Hidup Digital akan menjelaskan apa yang perlu Anda lakukan ketika mouse wireless tidak terdeteksi.

Penyebab mouse wireless tidak terdeteksi

Perlu Anda ketahui, ada beberapa penyebab mouse wireless tidak terdeteksi perangkat komputer Anda.

  • Masalah koneksi seperti tidak bisa terhubung dengan baik.
  • Kekurangan daya seperti kehabisan baterai.
  • Perubahan pengaturan karena virus atau malware.
  • Driver bermasalah karena tidak update atau tidak kompatibel dengan laptop.
  • Kerusakan piranti karena mouse sudah terlalu lama.

Jika Anda mengalami masalah mouse wireless tidak terdeteksi di komputer, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

1. Cek tombol power

Mungkin ini sangat konyol namun sering terjadi. Ada beberapa orang lupa menyalakan tombol power pada mouse, sehingga piranti tidak terdeteksi.

Oleh karena itu, cek apakah tombol daya pada mouse sudah aktif atau belum. Adapun setiap pabrikan mouse mempunyai panel tombol power yang berbeda-beda.

2. Ganti atau recharge baterai

Mouse wireless memerlukan daya untuk mengaktifkan wireless, sehingga mouse pasti menyimpan baterai. Ketika mouse tidak terdeteksi, Anda bisa cek apakah daya pada baterai masih ada atau tidak.

Anda bisa mengganti baterai dengan yang baru. Untuk mouse jenis tertentu, mungkin Anda harus mengisi ulang (recharge) daya.

3. Pastikan masih dalam jangkauan

Sebagian besar mouse nirkabel hanya berfungsi dalam jarak tertentu dari penerima USB. Oleh karena itu, pastikan Anda dekat dengan komputer.

Jika Anda menggunakan mouse yang sudah lama, ada baiknya Anda menghilangkan beberapa benda yang mungkin menghalangi jangkauan mouse dengan penerima USB.

Baca Juga : Mouse: Fungsi dan Jenisnya 

4. Lepaskan penerima USB kemudian pasang lagi atau pindah port USB

Terkadang, melepaskan kemudian menyambungkan kembali penerima wireless dapat membantu memperbaiki gangguan sementara yang mungkin membuat mouse tidak terdeteksi. Hal ini juga bisa mengatasi kemungkinan adanya kerusakan pada port USB.

Saatcara tersebut tidak membuahkan hasil, Anda bisa mencoba untuk memindah penerima ke port USB lain. Umumnya cara ini bekerja baik, terlebih Anda menggunakan komputer lama di mana sering bermasalah dengan port USB.

5. Membersihkan lensa optik

Jika masih bermasalah dengan kursor pada mouse, Anda bisa mencoba untuk membersihkan lensa optik di bagian bawah perangkat. Salah satu penyebab mouse tidak berfungsi adalah lensa optik yang kotor.

Anda dapat menggunakan semprotan udara atau kapas yang dibasahi alkohol isopropil untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel pada optik.

6. Restart komputer

Jika kelima cara mekanis tersebut tidak membuahkan hasil, mungkin penyebab mouse wireless tidak terdeteksi terdapat pada sistem. Cara mudah untuk mengatasinya yaitu dengan restart komputer Anda.

Mungkin terdengar sepele namun bisa Anda coba. Dengan restart, komputer Anda akan melakukan penyegaran sistem sehingga bisa mengatasi kerusakan sistem yang mungkin menyebabkan mouse tidak terdeteksi.

7. Mengatur ulang sistem

Ketika semua cara tersebut tidak berhasil, mungkin penyebabnya adalah kerusakan pada sistem. Adapun masalah yang mungkin terjadi yaitu driver mouse tidak update, kerusakan sistem mouse yang cukup parah, atau OS Anda yang perlu update.

Untuk mendeteksi masalah ini, Anda bisa mencoba mouse di komputer lain. Apabila bisa bergerak dengan normal, artinya terjadi kerusakan pada sistem. Anda bisa mengatasinya dengan melakukan pengaturan ulang driver mouse, mulai dari instal ulang driver hingga instal ulang OS jika terlalu parah.

Baca Juga : Cara Mouse Agar Auto Klik Otomatis di Laptop dan PC

Selamat mencoba

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika mouse wireless tidak terdeteksi di komputer Anda. Jika Anda mempunyai tips lain untuk mengatasi masalah mouse tidak terdeteksi, silakan tulis di kolom komentar.

Selamat mencoba!

Sumber

Cool Blue. (2022) How do you connect a wireless mouse? coolblue.be

Driver Easy. (2021) Wireless Mouse Not Working on Windows. drivereasy.com

Help Desk Geek. (2021) Wireless Mouse Not Working? Things to Check. helpdeskgeek.com

Tech News Today. (2021) Is Your Wilreless Mouse Not Working? Try These Fixes. technewstoday.com

Wiki How. (2022) How to Connect a Wireless Mouse. wikihow.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here