Penulis: Alhasbi

Mungkin sebagian dari Anda sudah mengenal tentang aplikasi Telegram. Telegram merupakan salah satu aplikasi perpesanan populer di dunia, namun ada beberapa hal yang belum banyak orang tahu tentang aplikasi satu ini.

Sama seperti WhatsApp atau Messenger, Telegram juga menggunakan end-to-end encryption. Uniknya lagi, Telegram mempunyai keunikan khusus dan spesial untuk beberapa pengguna.

Pada kali ini Hidup Digital akan menjelaskan beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk mengenal Telegram lebih baik.

Telegram

Telegram merupakan aplikasi perpesanan instan berbasis cloud gratis yang tersedia di berbagai platform seperti Android, iOS, MacOS, Windows, dan Linux. Aplikasi ini terkenal mempunyai fokus terhadap kecepatan, keamanan, dan interface yang sangat mudah bagi penggunanya.

Telegram mempunyai lebih dari 550 juta pengguna yang tersebar di berbagai negara, termasuk negara-negara dengan populasi besar seperti China, India, Amerika, Brazil, dan Indonesia. Setidaknya, Telegram bisa diunduh di 52 negara dengan pertumbuhan lebih dari 40% tiap tahunnya.

Telegram menjadi aplikasi pilihan untuk Anda yang sering bertukar file dengan berbagai format, tidak terbatas pada foto, video, dan dokumen saja. Selain itu, Telegram memberikan kemudahan pengguna untuk membuat grup lebih dari 200.000 pengguna sekaligus.

Karena fitur tersebut, tidak jarang orang-orang menganggap Telegram merupakan aplikasi gabungan dari SMS dan email. Ini lebih lengkap lagi dengan fitur panggilan suara dan video yang sudah terenkripsi, sehingga membuatnya lebih aman.

Cara kerja Telegram

Telegram mempunyai fungsi inti seperti kebanyakan aplikasi perpesanan lainnya, di mana Anda bisa mengirim pesan, bercakap, hingga membuat panggilan. Namun, ada fitur khusus yang membuatnya berbeda dengan aplikasi serupa.

Keamanan

Keamanan menjadi fitur utama karena sudah menggunakan end-to-end encryption untuk meminimalisir adanya peretas percakapan. Namun, enkripsi ini hanya muncul pada panggilan dan fitur private chat. Meskipun begitu, Telegram menjadi pilihan karena independen dan tidak terafiliasi dengan perusahaan besar seperti Meta.

Penggunaan cloud 

Peningkatan penggunaan cloud di Telegram sungguh memudahkan pengguna. Ini merupakan fitur untuk menyimpan pesan maupun media di server yang aman. Keberadaan cloud juga memungkinkan media bisa Anda akses di berbagai platform secara bersamaan.

Menggunakan ID alias

Fitur lainnya adalah penggunaan ID alias pengguna. Dengan begitu Anda tidak perlu memberikan nomor telepon, cukup memberikan nama ID pengguna Anda. Ini tentu memberikan kemudahan untuk berkomunikasi di masa mendatang.

Baca Juga : Cara Menggunakan Telegram untuk Pemula

Fitur andalan Telegram

Telegram hadir dengan berbagai fitur andal yang menarik, yaitu sebagai berikut.

Mampu mengirim berbagai media

Telegram terkenal sebagai paduan antara email dan aplikasi chat. Keunggulannya, Telegram memungkinkan Anda mengirim berbagai jenis media seperti teks, pesan suara, gambar, video, bahkan berbagai file tanpa melakukan konversi.

Dengan kata lain, file yang diterima dari Telegram berbentuk sama persis seperti milik pengirim.

Membuat grup dan pesan bisnis

Tidak sedikit orang menggunakan Telegram untuk keperluan bisnis karena memungkinkan pengguna untuk membuat grup dengan kapasitas hingga 200.000 user.

Dengan begitu, Anda tetap bisa membuat pesan bisnis dengan orang-orang tertentu dengan tetap menjaga keamanan dan privasi masing-masing.

Multiplatform

Tidak hanya di smartphone, Telegram bisa Anda gunakan di perangkat lain seperti PC. Anda juga tidak perlu repot melakukan penyegaran karena secara otomatis pesan yang Anda tulis di PC akan muncul juga di smartphone.

Mengirim pesan dengan pengaturan waktu

Fitur ini memungkinkan Anda mengirim pesan pada waktu tertentu. Dengan begitu, Anda bisa menulis pesan sekarang kemudian mengatur untuk mengirimnya di waktu tertentu atau terjadwal.

Mengapa menggunakan Telegram?

Perlu Anda pahami, privasi tidak menjadi produk menarik dalam layanan perpesanan karena kita sebagai pengguna tidak selalu merasakan atau memahaminya secara langsung.

Jika Anda sangat berhati-hati dengan data pribadi dan menjauhi pelanggaran privasi, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menggunakan Telegram dengan selalu mengaktifkan layanan private chat.

Telegram akan tetap melindungi Anda dari munculnya banyak teror privasi yang mungkin muncul.  Namun, Anda harus memahami juga panduan privasi pada smartphone untuk melihat lebih luas tentang keamanan. Telegram hanya menawarkan perkawinan yang baik antara popularitas dan keamanan bagi mereka yang khawatir dengan keamanan aplikasi perpesanan lainnya.

Baca Juga : Daftar Bot Telegram yang Berguna Untuk Digunakan

Selamat mencoba

Itulah beberapa hal yang perlu Anda pahami untuk mengenal Telegram sebelum menggunakannya. Jika Anda mempunyai informasi lain tentang Telegram, silakan tulis di kolom komentar

Selamat mencoba!

Sumber

Android Authority. (2022) What is Telegram and why should I use it? androidauthority.com

Telegram. Telegram FAQ. telegram.org

Trusted Reviews. (2022) What is Telegram? What you need to know about the messaging app. trustedreviews.com

World Population Review. Telegram Users by Country 2022. worldpopulationreview.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here