Penulis: Andreas
Mengatasi IndiHome LOS lampu berkedip berwarna merah. Berbicara soal modem internet seperti IndiHome, tentu ada beberapa masalah yang menghampiri.
Salah satu masalah yang dialami adalah mengenai LOS merah pada router modem. Apa itu? Apa yang terjadi ketika router IndiHome los merah?
Jika lampu Indikator pada modem berkedip warna merah, biasanya hal ini mengindikasikan bahwa internet sedang tidak bisa digunakan atau beberapa fitur tidak berfungsi.
Ada beberapa ciri yang jadi penanda kalau modem sedang LOS. Misalnya, lampu yang berkedip berwarna merah dan internet yang tidak tersambung. Pasalnya, kalau modem Anda normal, warna lampunya berkedip berwarna hijau.
Jadi, mengalami modem LOS merah tentunya akan bikin pusing karena tidak bisa mengakses internet. Lalu, bagaimana mengatasi IndiHome LOS lampu berkedip berwarna merah?
Baca Juga : Ganti Password IndiHome dengan Mudah
Penyebab Router Modem IndiHome Los Merah
Sebelum mencari solusi mengatasinya, Anda perlu tahu apa saja yang menyebabkan modem mengalami los merah. Berikut beberapa faktor penyebabnya.
- Terjadi gangguan pada server IndiHome atau sedang mengalami trouble
- Settingan atau pengaturan modem yang tidak tepat
- Kabel-kabel yang tidak terpasang dengan tepat, baik itu dari modem maupun dari tiang provider
- Tidak ada data internet yang diproses modem
- Kabel fiber optic yang terputus
- Soket fiber optic yang longgar
- Modem memang sudah rusak
Berikut beberapa solusi mudah yang bisa digunakan untuk mengatasi IndiHome yang LOS.
Cara 1. Restart Modem
Cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan merestart modem Anda. Terkadang cara ini bisa berhasil membuat modem kembali normal. Berikut beberapa proses atau cara yang bisa dilakukan.
1. Tekan tombol power yang ada di belakang Modem
2. Tahan tombol sampai benar-benar mati
3. Tekan kembali tombol power untuk membuatnya kembali nyala
4. Perhatikan lampu indikator di modem, apabila nyala semua berwarna hijau maka modem Anda kembali normal
Cara 2. Periksa Kabel
Cara selanjutnya adalah dengan mengecek kondisi kabel. Ada beberapa kendala pada kabel, misalnya seperti kabel yang tertekuk, terjepit, rusak, atau kabel yang kendor.
Jadi, perhatikan lagi kondisi kabel Anda, rapikan dan pastikan terhubung. Setelah itu, Anda cek kembali koneksi internetnya.
Cara 3. Panggil Teknisi
Jika memang tidak ada masalah yang tampak, entah itu dari modem atau kabelnya, maka cara terakhir adalah panggil atau hubungi petugas teknisi.
Nanti, akan dibantu untuk diidentifikasi terlebih dahulu apa masalahnya, entah itu memang lagi ada gangguan atau langsung ditangani alatnya.
Tentunya dengan kedatangan teknisi, masalah langsung ditangani oleh ahlinya. Karena bisa saja masalahnya lebih rumit. Misalnya, sambungan kabel ke tiang bermasalah atau komponen internal modem bermasalah.
Baca juga : Tutorial Membuat Akun di myIndiHome
Selamat Mencoba
Deikian cara mengatasi IndiHome LOS lampu berkedip berwarna merah. Cara ini bisa mengatasi masalah internet yang tidak terkoneksi atau LOS pada modem.
Selamat mencoba!
Sumber Detik. (2018). Layanan Beberapakali Terputus, Kecewa Layanan IndiHome. news.detik.com Kompas. (2020). Internet IndiHome Dilaporkan Bermasalah di Jakarta Barat dan Utara. tekno.kompas.com Liputan 6. (2021). Indihome Alami Gangguan, Warganet Mengeluh di Twitter. liputan6.com RiauPos. (2020). Jaringan Indihome Gangguan, Siswa Bingung Sekolah Daring. Riaupos.jawapos.com