Penulis: Alhasbi

Bagi Anda yang sering bekerja menggunakan Microsoft Office, mungkin sudah tidak asing lagi dengan bullets and numbering. Adapun fitur bullets and numbering merupakan dua fitur yang umum dan ada di Microsoft Word dan PowerPoint.

Fitur ini umumnya berfungsi untuk memberikan sebuah tanda atau pointer yang membuat tulisan Anda menjadi lebih rapi. Bahkan, bullets and numbering sudah menjadi fitur yang umum pada aplikasi-aplikasi serupa, seperti WPS Writer sampai Google Document.

Bullets merupakan sebuah penanda berupa simbol untuk memudahkan daftar dalam dokumen. Sedangkan numbering merupakan fitur untuk menambahkan nomor urut pada teks dalam dokumen.

Meskipun menjadi fitur umum, pada kenyataannya masih ada orang yang membuat pointer bullets and numbering secara manual sehingga tampilan dokumen menjadi tidak rapi. Oleh karena itu, Hidup Digital akan menjelaskan cara menambahkan bullets and numbering di Microsoft Office.

Menambahkan bullets and numbering di Word

Microsoft Word merupakan aplikasi yang sangat umum untuk banyak pekerjaan. Produk Microsoft satu ini berfungsi sebagai software khusus pengolah kata yang bisa Anda gunakan untuk membuat dokumen, surat, membuat catatan, dsb.

Bullets and numbering biasa di Word

Bullets and numbering merupakan fitur yang pasti ada di Microsoft Word. Adapun untuk memunculkan atau menambahkannya adalah sebagai berikut.

  1. Buka dokumen atau file yang ingin Anda tambahkan bullets atau numbering.
  2. Tandai teks yang ingin Anda beri bullets atau numbering.

  1. Klik menu Home kemudian pilih Bullets atau Numbering pada kolom Paragraph. Anda bisa klik bagian dropdown (panah ke bawah) untuk memilih model yang Anda inginkan.

Numbering bersusun di Word

Khusus untuk Microsoft Word dan PowerPoint, terdapat fitur khusus untuk membuat numbering levels atau nomor urut bersusun. Adapun untuk membuat nomor bersusun seperti pada daftar isi yaitu sebagai berikut.

  1. Buka dokumen atau file yang ingin Anda beri nomor urut bersusun, umumnya daftar isi.
  2. Tandai teks yang ingin Anda beri nomor bersusun.

  1. Klik menu Home kemudian pilih Multilevel List pada kolom Paragraph. Pilih salah satu model yang ingin Anda gunakan. Secara otomatis, tulisan tersebut akan berbentuk numbering secara urut.

  1. Untuk menambah atau mengubah susunan barisan numbering, Anda bisa block tulisan yang ada di level selanjutnya. Kemudian klik menu Home > Multilevel List > Change List Level kemudian pilih level yang Anda gunakan yaitu level 2.
  2. Anda bisa mengulangi langkah 4 untuk membuat level selanjutnya yaitu 3, 4, atau 5.

Baca Juga : Mudah! Cara Cetak Amplop di Microsoft Word

Menambahkan bullets and numbering di PowerPoint

Microsoft PowerPoint adalah software Office yang secara khusus berfungsi sebagai media presentasi. Sama seperti namanya, software ini berguna untuk memberikan tayangan berupa poin-poin penting dalam suatu diskusi atau presentasi.

Fungsi dari bullets and numbering di sini menjadi sangat penting, mengingat dengan menggunakan bullets atau numbering dapat mempermudah pemahaman. Bahkan beberapa bentuk slide bisa muncul secara otomatis dengan bullet maupun numbering tertentu.

Akan tetapi, jika Anda ingin melakukannya secara manual atau tidak muncul bullets and numbering maka Anda bisa menambahkannya dengan mudah. Adapun caranya tidak jauh berbeda dengan cara menambahkan bullets and numbering di Microsoft Word.

  1. Buka file PowerPoint kemudian block tulisan yang ingin Anda beri bullets and numbering.

  1. Klik menu Home kemudian pilih Bullets atau Numbering. Anda bisa klik dropdown pada opsi tersebut untuk memilih mode artistik lainnya.

Menambahkan bullets and numbering di Excel

Perlu Anda ketahui, Microsoft Excel pada dasarnya tidak mempunyai fitur bullets and numbering karena berfungsi sebagai aplikasi pengolah angka.

Akan tetapi, Anda masih bisa menggunakan bullets secara manual, seperti halnya memberikan nomor urut pada tiap cell. Adapun cara memberikan bullets di Microsoft Excel adalah sebagai berikut.

  1. Buka file atau dokumen yang ingin Anda berikan bullets
  2. Tempatkan pointer pada sisi kiri kolom yang ingin Anda beri pointer.

  1. Masukkan pointer dengan klik menu Insert > Symbol.

  1. Pilih bentuk simbol pointer yang Anda inginkan, kemudian klik Insert untuk memunculkannya ke dalam teks.

  1. Lakukan langkah 2-4 ke beberapa kolom yang ingin Anda beri bullets.

Baca Juga : Mengatur Penerima Surat Menggunakan Mail Merge di Microsoft Word

Selamat mencoba

Menambahkan bullets and numbering di Microsoft Office sangat mudah kan? Jika Anda mempunyai tips atau kiat lain dalam menggunakan Office, silakan tulis di kolom komentar.

Selamat mencoba!

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here