Penulis: Alhasbi
Bagi sebagian orang, membuat CV terlihat menarik menjadi sebuah keharusan. Pada akhirnya, tidak sedikit orang menawarkan jasa pembuatan CV. Padahal, membuat CV dapat Anda lakukan dengan mudah di Microsoft Word.
Microsoft Word sebenarnya sudah dibekali dengan peralatan mumpuni untuk sekadar membuat CV. Namun kembali lagi, seberapa menarik CV bergantung pada kreatifitas pembuatnya. Bahkan, jika Anda merasa mempunyai jiwa seni yang minim, Anda bisa mengunduh template CV yang banyak beredar di internet.
Membuat CV di Word tentunya sangat memudahkan Anda untuk mengedit isi maupun desainnya. Berikut adalah cara membuat CV di Microsoft Word.
Cara 1. Menggunakan template
Perlu Anda ketahui, membuat CV menggunakan template Word sangat mudah. Anda hanya perlu mengganti isi dan mengatur tampilan saja. Berikut adalah langkah-langkahnya.
1. Pilih dan unduh template format CV yang Anda inginkan.
Ada beragam template bawaan Word yang bisa Anda gunakan. Jika Anda tidak puas dengan template bawaan Word, Anda dapat mengunduh template CV yang ada di templates.office.com atau di situs-situs lainnya.
Setelah Anda mendapatkan template yang sesuai, buka file template. Secara otomatis, format template akan muncul di lembar kerja.
2. Buka Microsoft Word dan buka template.
Setelah Word terbuka, klik tab File > New. Setelah itu ketik CV atau resume pada Search Box. Dengan begitu, secara otomatis template CV akan muncul.
Pilih dan buka template yang Anda inginkan, kemudian klik Create. Secara otomatis, template CV akan muncul di lembar kerja Word.
3. Mengisi konten CV.
Langkah selanjutnya yaitu mengisi konten CV mulai dari nama, kontak, pendidikan, dan riwayat lain yang ingin Anda sampaikan.
Caranya cukup mudah, cukup blok bagian yang ingin Anda ganti kemudian masukkan konten yang Anda inginkan.
4. Editing bila perlu.
Karena ini merupakan template, ada kemungkinan desain CV Anda sama dengan orang lain. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan editing seperti mengganti warna, font, atau menambah ikon tertentu.
Pastikan desain terlihat rapi dan tetap nyaman dilihat.
5. CV sudah jadi.
Jika sudah selesai, artinya CV siap digunakan. Ada baiknya Anda melihat ulang CV dan memindai adanya kesalahan penulisan.
Cara 2. Membuat CV secara manual
Pada dasarnya, CV manual di Word bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan shapes yang tersedia di Word. Cara ini tentunya membutuhkan kreatifitas Anda. Adapun caranya sebagai berikut.
1. Siapkan ikon-ikon yang ingin Anda gunakan.
Hal ini perlu, karena Word tidak mempunyai ikon-ikon yang unik, seperti ikon instagram, telpon, WhatsApp, email, dan sebagainya.
2. Buka lembar kerja dan tulis konten.
Setelah membuka Word, Anda dapat menuliskan konten apa saja yang ingin Anda sampaikan di CV. Tuliskan informasi yang penting secara singkat, padat, dan jelas.
3. Editing layout
Tata letak berperan penting untuk membuat CV yang bagus. Seperti yang sudah disampaikan di atas, Anda dapat memanfaatkan shapes yang ada di Word.
Klik menu Insert kemudian pilih Shapes. Di dalamnya terdapat banyak bidang bentuk yang Anda gunakan, mulai dari kotak, lingkaran, segi tiga, hingga jajaran genjang. Umumnya, bidang yang dipakai yaitu kotak.
Pilih bidang kotak (rectangle), kemudian letakkan di lembar kerja. Atur ukuran dan posisinya.
Tambahkan warna dan bentuk lain untuk memperindah desain dan layout.
Gunakan juga ikon yang sudah Anda persiapkan di awal.
Perlu Anda ketahui, Anda bisa menggunakan shape untuk media tulis secara langsung. Caranya, klik kanan pada bidang kemudian pilih Add text.
Lakukan langkah insert beberapa kali, hingga tata letak (layout) cukup menarik untuk dilihat.
Baca Juga : SmartArt: Membuat Bagan Struktur Organisasi di Word
Tips memformat CV di Microsoft Word
Anda mungkin perlu memerhatikan beberapa hal ini dalam menata atau layout CV.
1. Atur margins
Jika Anda mempunyai masalah dengan ukuran CV, Anda bisa mengatur margins. Baik jenis kertas hingga layout ukuran batas menulis.
Biasanya, CV dicetak secara penuh satu lembar. Caranya, klik tab Layout kemudian pilih Margins.
Anda dapat mengatur sisi atas dan bawah dengan Custom Margins. Sebaiknya memberikan ukuran antara 0,5 hingga 1 cm untuk membuat CV menarik.
2. Ubah dan atur space
Space berperan penting untuk membuat CV terlihat rapi. Selain itu, spasi ini dapat mempermudah orang saat membaca CV.
Caranya, klik Line and Paragraph Spacing dan pilih Line Spacing Options.
Anda dapat mengatur space serapi dan se-epic mungkin.
Baca Juga : Membuat Daftar Isi di Microsoft Word secara Otomatis
Selamat mencoba
Membuat CV di Microsoft Word cukup mudah kan? Seberapa bagus atau estetik CV Anda bergantung pada selera desain Anda.
Selamat mencoba!
Sumber Envato Tuts Plus. (2019). How to Make a Pro Resume on Word With Creative Template Design. www.tutsplus.com Resume Genius. (2020). How to Make a Resume on Word. www.resumegenius.com The Balance Careers. (2021). Free Curriculum Vitae (CV) Templates for Microsoft Word. www.thebalancecareers.com