Penulis: Alhasbi

Jamur di layar handphone memang menjadi masalah yang umum terjadi. Apakah Anda sering membersihkan jamur di handphone?

Tanpa Anda sadari, jamur dapat saja muncul dengan sendirinya di layar handphone. Meskipun Anda sering membersihkan layar, jamur tetap bisa saja muncul. Bahkan beberapa orang merasa terganggu dengan adanya jamur di handphone maupun smartphone mereka.

Oleh karena itu, pada kali ini Hidup Digital akan memberikan beberapa tips dan cara untuk membersihkan jamur di layar handphone yang bisa Anda lakukan di rumah.

Penyebab layar berjamur

Ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan jamur tumbuh di layar handphone Anda. Utamanya, jamur bisa muncul karena handphone atau smartphone karena berada di ruang yang lembap atau tidak kedap udara.

Kebiasaan umum yang menyebabkan jamur adalah menyimpan smartphone di dalam tas dalam waktu yang cukup lama. Biasanya terjadi ketika Anda bepergian dan tidak perlu menggunakan handphone.

Selain itu, ruangan yang tidak kedap udara juga bisa menjadi penyebab utama. Misalkan Anda menyimpan di laci di daerah yang mempunyai kelembapan tinggi tanpa menaruh silica gel. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menempatkan HP di tempat khusus seperti dry box untuk mencegah jamur.

Baca Juga : Begini Nih, Jawaban dari Game Brain Out 1-50

Membersihkan jamur di layar handphone

Perlu Anda ketahui, membersihkan jamur di layar handphone sebenarnya merupakan perkara yang sangat mudah dan simpel. Bahkan, Anda bisa menggunakan peralatan-peralatan yang bisa Anda temui dengan mudah di sekitar Anda.

Yang pasti, Anda perlu membersihkan layar agar jamur tidak dengan mudah tumbuh di smartphone.

Pertama, menggunakan pembersih lensa

Sebagaimana namanya, pembersih lensa merupakan cairan khusus yang fungsi utamanya adalah membersihkan lensa dari kotoran, debu, dan jamur. Anda bisa menggunakan pembersih lensa untuk menghilangkan jamur di layar handphone.

Umumnya pembersih lensa ini berbentuk cairan, namun Anda juga bisa mencari pembersih berbentuk tisu basah. Adapun pembersih lensa bisa Anda dapatkan di toko optik terdekat.

Selain itu, saat ini ada juga sebuah tisu yang mengklaim untuk membersihkan layar handphone. Umumnya, kandungan di dalamnya sama dengan cairan pembersih lensa.

Adapun panduan untuk membersihkan jamur di layar handphone cukup mudah.

  1. Siapkan tisu dan cairan khusus atau tisu basah yang terkandung cairan pembersih. Pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih dan kering serta tidak berminyak.
  2. Usapkan tisu pada layar secara berulang-ulang. Lakukan dengan menekan lembut dan secara perlahan.
  3. Lakukan pembersihan layar secara berkala agar jamur tidak tumbuh kembali.

Kedua, menggunakan sinar phonesoap’s UV charger

Untuk Anda yang update dengan perkembangan gadget, tentu tidak asing dengan benda satu ini. Umumnya, phonesoap’s UV charger ada di tempat servis HP.

Sama seperti namanya, alat ini berguna untuk membersihkan kotoran yang ada di handphone menggunakan teknologi sinar UV buatan. Adapun cara menggunakannya sangat mudah dan bisa Anda tinggal untuk mengerjakan pekerjaan lalin.

  1. Buka Phonesoap UV charger kemudian masukkan HP ke dalamnya.
  2. Tutup kemudian hidupkan power untuk menyalakan sinar buatan.
  3. Tunggu beberapa saat hingga alat ini membersihkan jamur yang ada di layar handphone Anda. Anda bisa meninggalkan alat ini selama proses pembersihan berlangsung.
  4. Jika dirasa sudah cukup bersih maka Anda bisa mematikan mesin kemudian mengambil smartphone.

Baca Juga : Uji Nyali Online di Run the Gauntlet 

Ketiga, menggunakan cairan pembersih piring

Cairan pembersih piring memang terkenal ampuh dalam membersihkan minyak dan kotoran yang ada di piring maupun bahan berdasar seperti porcelain. Umumnya cairan ini digunakan untuk membersihkan layar maupun casing yang kotor.

Beberapa orang juga menggunakan cairan pembersih piring untuk membersihkan layar handphone dari jamur. Dengan cara ini, Anda tidak perlu repot membawa HP ke tempat servis, cukup ke tempat cuci piring.

Untuk membersihkan casing, cukup lepas casing kemudian cuci dengan bersih. Anda bisa menggunakan sikat atau alat gosok untuk membantu membersihkannya.

Jika layar Anda yang berjamur, sebaiknya Anda menggunakan tisu untuk mengusap layar. Namun jangan sampai air masuk ke dalam perangkat, khususnya untuk smartphone yang tidak tahan air. Anda bisa mengusap layar dengan tisu kering hingga layar benar-benar terlihat bersih mengkilap.

Keempat, menggunakan lotion

Selain cairan pembersih piring, Anda juga bisa menggunakan lotion. Pasalnya, lotion bisa Anda gunakan untuk membersihkan handphone dari jamur.

Adapun cara membersihkannya cukup mudah, hanya memerlukan lotion dan tisu.

  1. Siapkan tisu atau lap dengan permukaan yang halus.
  2. Tuang sedikit lotion ke layar, kemudian usap hingga cairan lotion merata.
  3. Usap dan gosok secara perlahan pada bagian yang berjamur.
  4. Setelah dirasa cukup, bersihkan bekas lotion menggunakan tisu atau lap untuk menghilangkan lotion.

Kelima, menggunakan tisu basah atau hand sanitizer

Untuk Anda yang suka dengan hal yang praktis, mungkin tisu basah bisa menjadi solusi. Umumnya tisu basah berisikan alkohol yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jamur.

Sama halnya dengan hand sanitizer, di mana kandungan alkohol di dalamnya juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan jamur yang melekat pada smartphone. Adapun cara menggunakannya sebagai berikut.

  1. Tuangkan sedikit cairan sanitizer ke bagian yang berjamur kemudian mengusapnya menggunakan tisu. Cara lainnya, Anda bisa menggunakan tisu basah untuk mengusap bagian layar yang berjamur.
  2. Usap dan gosok secara perlahan hingga jamur mulai memudar.
  3. Tunggu beberapa saat hingga kering dan handphone Anda akan terbebas dari jamur.

Keenam, menggunakan minyak kayu putih

Cara ini mungkin sudah banyak orang yang tahu. Pasalnya, minyak kayu putih dapat membersihkan berbagai kotoran yang melekat pada suatu benda. Bahkan bekas stiker yang masih menempel bisa bersih menggunakan minyak kayu putih.

Tidak sedikit masyarakat Indonesia menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkan layar handphone. Anda hanya membutuhkan tisu untuk mengusap layar agar jamur menghilang.

Ketujuh, menggunakan beras kering

Tidak sedikit orang mengenal bahwa beras kering dapat membantu menghilangkan air yang ada di smartphone, umumnya setelah terkena air. Selain itu, beras kering juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan jamur di handphone.

Adapun caranya cukup mudah karena Anda hanya perlu menaruh smartphone di dalam wadah yang terisi beras. Setelah itu, Anda bisa mendiamkannya selama beberapa saat.

Baca Juga : Perlu Membersihkan Cache di Handphone?

Selamat mencoba

Membersihkan jamur di handphone cukup mudah kan? Jika Anda mempunyai kiat lain untuk membersihkan handphone, silakan tulis di kolom komentar.

Selamat mencoba!

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here