Penulis: Alhasbi

Saat ini berbagai transaksi perbankan semakin mudah tanpa harus datang ke Bank. Semua perbankan saat ini menggunakan fitur internet banking (termasuk BRI), di mana Anda bisa melakukan berbagai transaksi dengan mudah.

Perlu Anda pahami, mobile banking dan internet banking merupakan dua hal yang berbeda. Namun, untuk menggunakan mobile banking Anda harus mengaktifkan internet banking terlebih dahulu.

Perlu Anda pahami, internet banking bisa Anda akses melalui browser desktop maupun smartphone. Sedangkan mobile banking merupakan penggunaan internet banking melalui aplikasi khusus, untuk BRI bernama BRImo. Bisa dikatakan, Mobile banking merupakan bentuk aplikasi dari internet banking sebuah perbankan.

Keuntungan mengaktifkan internet banking

Perlu Anda pahami, internet banking memudahkan Anda dalam melakukan berbagai bentuk transaksi. Saat ini perbankan tidak hanya untuk aktivitas transfer uang saja, namun juga bisa untuk pembayaran digital (QRIS), membayar tagihan, beli pulsa, dan sebagainya.

Beberapa pekerjaan tersebut bisa Anda lakukan dengan mudah melalui internet banking maupun mobile banking. Namun hal yang utama yaitu Anda harus mengaktifkan fitur internet banking terlebih dahulu.

Jika Anda belum mengaktifkannya, Hidup Digital akan menjelaskan cara mengaktifkan Internet Banking BRI.

Pertama, daftar Internet Banking BRI

Perlu Anda ketahui, cara untuk mengaktifkan Internet Banking BRI yaitu dengan mendaftar terlebih dahulu. Adapun Anda bisa daftar Internet Banking melalui 2 cara.

#1 Melalui Customer Service

Kehadiran Customer Service memang sangat membantu para nasabah untuk menyelesaikan berbagai keluhan perbankan, salah satunya mendaftar internet banking.

Anda sebenarnya bisa terhubung dengan CS melalui sambung telepon, namun untuk mendaftar internet banking Anda perlu mengunjungi kantor BRI terdekat.

  1. Kunjungi kantor BRI terdekat kemudian ambil antrian Customer Service.
  2. Setelah di CS, Anda bisa memberikan buku rekening atau ATM dan kartu identitas. Kemudian, Anda bisa mengutarakan daftar internet banking.
  3. Anda juga perlu menyiapkan nomor telepon yang terdaftar di rekening dan alamat email aktif.
  4. Ikuti petunjuk dan tunggu proses pendaftaran hingga selesai. Setelah itu, Anda bisa mencoba internet banking BRI menggunakan smartphone.

#2 Melalui ATM

Mesin ATM memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai hal, termasuk daftar Internet Banking BRI. Namun perlu Anda pahami, Anda harus mengunjungi ATM BRI untuk daftar Internet Banking BRI.

  1. Kunjungi ATM BRI terdekat, kemudian masukkan kartu ATM Anda.
  2. Masukkan PIN kemudian pilih menu Lainnya > Internet Banking.
  3. Setelah itu, Anda perlu membuat password akun internet banking.
  4. Ketika berhasil, Anda akan mendapatkan user ID dan akan keluar struk berisikan user id & password.
  5. Setelah itu, Anda bisa datang ke kantor BRI terdekat untuk melakukan aktivasi dan verifikasi akun Internet Banking BRI.

Baca Juga : Beberapa Cara Mengisi (Top Up) Saldo Kartu e-toll 

Kedua, aktivasi Internet Banking BRI

Ketika Anda sudah berhasil mendapatkan user id dan password, Anda perlu melakukan aktivasi akun sebelum menggunakan fitur ini. Adapun cara melakukan aktivasi adalah sebagai berikut.

  1. Buka situs Internet Banking BRI di https://ib.bri.co.id/.
  2. Di halaman awal, masukkan user id dan password serta tandai bagian CAPTCHA.
  3. Ketika berhasil login, Anda perlu membaca syarat dan ketentuan. Di bagian akhir, pilih Setuju untuk menerima syarat dan ketentuan dari BRI.
  4. Kemudian, Anda perlu untuk mengubah password Internet Banking BRI kemudian memasukkan alamat email aktif.
  5. Setelah itu, Anda bisa mencoba untuk login ulang Internet Banking melalui website atau menggunakan aplikasi BRImo.

Internet Banking BRI tidak bisa login

Salah satu penyebab utama tidak bisa login Internet Banking BRI adalah kartu terblokir. Pihak BRI bisa saja memblokir rekening Anda untuk kepentingan keamanan.

Pada dasarnya, pihak perbankan termasuk BRI akan memblokir apabila terjadi beberapa hal berikut ini.

  • Salah memasukkan password sebanyak 3 kali berturut-turut dalam sehari.
  • Saat aktivasi, Anda tidak memasukkan nomor aktivasi dengan benar. Atau ketika melakukan transaksi Anda salah memasukkan m-token 3 kali berturut-turut.
  • Nasabah sedang mengajukan penggantian Kartu Debit BRI.

Adapun ketika hal itu terjadi, Anda perlu mendatangi Customer Service di kantor BRI terdekat untuk memulihkan akun Internet Banking BRI Anda.

Baca Juga : Cara Mematikan SMS Banking BRI

Selamat mencoba!

Cara mendaftar Internet Banking BRI cukup mudah kan? Jika Anda mempunyai pertanyaan atau tips lain tentang teknologi perbankan, silakan tulis di kolom komentar.

Selamat mencoba!

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here