Penulis: Alhasbi

Tahukah Anda bahwa fungsi SUM di Excel merupakan fungsi yang paling digunakan orang. Tidak heran pada akhirnya banyak orang menggunakan tombol khusus untuk menggunakan fungsi SUM secara otomatis di Microsoft Excel, termasuk menggunakan AutoSum. Hal ini tidak lain bertujuan untuk mempercepat pekerjaan penghitungan.

Untuk Anda yang belum tahu apa itu AutoSum, berikut ini Hidup Digital akan memberikan penjelasan tentang AutoSum dan cara menggunakan AutoSum di Excel.

Apa itu AutoSum

AutoSum merupakan salah satu fitur penjumlahan di Excel yang berguna untuk menjumlahkan angka secara otomatis dalam beberapa klik untuk menghemat waktu.

Ketika Anda menggunakan data yang sangat banyak, pastinya mengatur format secara satu-per-satu akan cukup melelahkan. Dengan begitu, Anda dapat dengan cepat menggunakan fitur otomatis satu ini agar lebih cepat dan praktis.

Perlu Anda ketahui, ada 2 lokasi AutoSum yang bisa Anda gunakan.

  1. Menu Home > Editing Group > AutoSum

  1. Tab Formulas > Function Library group > AutoSum

Bahkan tidak perlu klik, Anda bisa menggunakan cara pintas untuk mengoperasikan AutoSum. Pintasan AutoSum tentunya membuat operasi penambahan beberapa item menjadi lebih cepat dan sederhana.

Adapun Anda bisa menekan tombol Alt dan = (Alt + =) dan secara otomatis Excel akan melakukan penjumlahan data yang ada di kolom tersebut.

Cara menggunakan AutoSum

  1. Pilih sel sebagai target operasi AutoSum, yaitu untuk menghitung barisan column atau row.

  1. Klik AutoSum yang ada di menu Home untuk cara cepat. Secara otomatis, Excel akan menghitung seluruh data yang ada pada baris tersebut.

  1. Ketika formula sudah sesuai, tekan Enter untuk menerapkan formula ke sel Anda.

Baca Juga : Cetak Bagian Tertentu, Begini Cara Print Area di Excel 

Selain menggunakan cara dasar di atas, Anda juga bisa menerapkan beberapa tips berikut ini untuk mempercepat pekerjaan.

AutoSum di lebih dari 1 sel 

Ketika Anda membutuhkan banyak sel yang harus dijumlahkan, Anda bisa menggunakan tips cara cepat ini.

Sorot baris sel yang ingin Anda gunakan untuk operasi, kemudian klik AutoSum. Dengan begitu, Excel akan menampilkan hasil operasi di baris sel tersebut.

Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengoperasi column (di bawah) maupun row (di samping kanan).

AutoSum column-by-column dan row-by-row

Untuk alasan tertentu, Anda mungkin hanya ingin mengoperasikan salah satu baris row atau baris column saja. Anda bisa dengan mudah melakukan cara berikut ini.

Soroti data yang ingin Anda operasikan dengan melebihkan baris kolom kosong. Anda bisa melebihkan satu baris di sisi kanan untuk mengoperasikan row atau melebihkan satu baris di bawah untuk mengoperasikan column.

Setelah itu, klik AutoSum dan data akan muncul secara otomatis di baris kosong yang Anda sertakan dalam sorotan.

AutoSum di column dan row sekaligus

Ketika ingin mengoperasikan seluruh data meliputi row dan column sekaligus, Anda bisa menggunakan tips mudah ini.

Sorot data dengan menyisakan masing-masing satu baris kosong di row (kanan) dan column (bawah). Setelah itu, klik AutoSum dan Excel akan mengoperasikan data dan menempatkannya di sel kosong tersebut.

Menggunakan AutoSum untuk fungsi lain

Selain untuk menjumlahkan data, ada beberapa fitur lain yang bisa Anda terapkan melalui AutoSum seperti:

  • Average untuk menghitung nilai mean atau rata-rata.
  • Count untuk menghitung jumlah kolom.
  • Max untuk mencari nilai tertinggi.
  • Min untuk mencari nilai terendah.
  • dan fungsi lain sesuai dengan kebutuhan Anda.

Yang Anda butuhkan adalah memilih formula yang mungkin Anda butuhkan.

  1. Buka menu Home kemudian klik dropdown AutoSum.
  2. Di situ, Anda bisa memilih fungsi yang Anda butuhkan.

Baca Juga : Cara Menulis Angka Nol “0” di Excel 

Selamat mencoba

Cara menggunakan AutoSum di Microsoft Excel sangat mudah kan? Jika Anda mempunyai pertanyaan lain tentang cara mengoperasikan Microsoft Excel atau hal berkaitan teknologi lainnya, silakan tulis di kolom komentar.

Selamat mencoba!

Sumber

Able Bits. (2023) How to use AutoSum in Excel. ablebits.com

Microsoft. Use AutoSum to sum numbers. microsoft.com

Simpli Learn. (2023) Auto-Sum in Excel: Everything You Need to Know. simplilearn.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here