Penulis: Alhasbi

Pas foto merupakan benda yang sangat penting dan perlu Anda persiapkan. Hampir semua instansi baik perusahaan, pemerintahan, hingga sekolah mempunyai syarat tertentu untuk mengatur warna latar atau background pas foto.

Biasanya, pas foto diperlukan untuk pemberkasan. Beberapa hal yang menyarankan Anda untuk menggunakan pas foto dengan kriteria latar tertentu yaitu:

  • Mendaftar sekolah, sesuai dengan sekolah.
  • Melamar pekerjaan, sesuai dengan instansi.
  • Persyaratan nikah, menggunakan latar biru.
  • Membuat SKCK, beberapa berlatar merah dan ada yang berlatar biru.
  • Foto KTP, ada yang berlatar merah dan ada yang biru.
  • dan masih banyak lagi.

Kode warna latar

Perlu Anda ketahui, dalam ilmu fotografi dan desain grafis ada yang namanya kode warna. Setiap warna mempunyai komposisi dengan kode tertentu. Kode ini dikenal dengan Hex color codes (kode warna hex).

Kode hex ditulis dengan format tanda tagar yang diikuti 6 digit karakter angka atau huruf. Keenam karakter ini merepresentasikan komposisi tiga warna dasar yaitu merah (red), hijau (green), dan biru (blue).

Pada dasarnya, mesin cetak atau printer akan membaca data kode hex untuk menyesuaikan warna cetakan. Mungkin satu kode warna di beberapa layar akan terlihat berbeda (laptop dengan monitor tabung atau telepon) ketika di-preview. Namun, ketika Anda mencetaknya, akan memunculkan warna yang sama sesuai dengan kode hex.

Sebagai contoh kita ingin menggunakan warna merah. Ada banyak macam warna merah, tentunya dengan kode tertentu. Pertanyaannya, warna merah seperti apa yang ingin Anda gunakan?

 

Warna baku latar pas foto yang harus Anda miliki

Di Indonesia umumnya menggunakan dua latar warna, yaitu biru dan merah. Kedua warna ini umum digunakan seperti foto KTP, SKCK, mendaftar kerja, syarat menikah, atau CPNS.

Khusus untuk KTP, ternyata menggunakan dua jenis warna.

  • Warna merah untuk menunjukkan bahwa Anda lahir di tahun ganjil seperti 1945, 1969, 1976, 1991, 1993, 1997, maupun 2003.
  • Warna biru untuk menunjukkan tahun kelahiran genap seperti 1950, 1968, 1972, 1994, 1996, 2002, maupun 2004.

Secara umum, banyak instansi menggunakan dua warna ini (merah dan biru). Namun ada beberapa instansi yang mengharuskan anggotanya mempunyai foto dengan warna latar tertentu. Biasanya, Anda mendapatkan kode hexa tertentu sesuai dengan identitas perusahaan.

Meskipun sama-sama perbankan dengan warna biru, BRI, Bank Mandiri, dan BCA mempunyai kode warna tertentu. Ketika Anda diminta untuk mengubah latar sesuai dengan warna biru, dapat Anda sesuaikan dengan warna tiap instansi.

Kode warna hex yang sering dipakai

Ada dua warna yang sering digunakan yaitu merah dan biru. Akan tetapi beberapa instansi yang menggunakan warna biru, mempunyai kualifikasi khusus, biru gelap dan terang. Berikut adalah kode hex warna yang biasa digunakan untuk pas foto.

Merah #db1514

 

Biru muda #0090ff

 

Biru gelap #0b00a3

 

Baca Juga : Cara Mudah Ganti Latar Foto Secara Online

Selamat mencoba

Begitulah komposisi warna yang sering digunakan untuk pas foto. Jangan bingung lagi ketika Anda diminta untuk mengubah latar foto. Cukup sesuaikan warna latar dengan kode hex. Untuk cara mengganti warna latar, Anda bisa mengikuti petunjuk pada tulisan Cara Mudah Ganti Latar Foto Secara Online.

Selain itu, tidak ada salahnya Anda menyiapkan beberapa foto sebagai stock kebutuhan sesuai dengan warna tersebut. Karena warna-warna tersebut paling sering dan umum di Indonesia.

Selamat mencoba.

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here