Penulis: Alhasbi

Membuat tanda tangan elektronik atau digital sekarang menjadi hal yang mudah. Pasalnya tidak sedikit instansi internasional sudah menerapkan bentuk tanda tangan ini. Bahkan, beberapa instansi juga sudah tidak lagi menggunakan tanda tangan basah untuk memberikan keabsahan suatu dokumen.

Protokol kesehatan karena wabah COVID-19 mungkin menjadi salah satu faktor mengapa tanda tangan elektronik menjadi tren. Selain itu, pemerintah juga mendukung penggunaan tanda tangan ini guna membuat aktivitas administrasi menjadi lebih mudah.

Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang tidak tahu cara membuat tanda tangan elektronik. Oleh karena itu, pada kali ini Hidup Digital akan menjelaskan beberapa cara membuat tanda tangan elektronik.

Tanda tangan elektronik

Penggunaan tanda tangan elektronik secara hukum diperbolehkan melalui UU No 11 Tahun 2008 atau yang lebih terkenal dengan UU ITE. Namun dalam penerapannya diperlukan proses singkat sesuai peraturan suatu instansi. Tentunya, hal itu disesuaikan dengan tujuan dan maksud surat yang memerlukan tanda tangan.

Selain itu, pada dasarnya ada 2 bentuk tanda tangan elektronik yang bisa terlihat dari bentuknya. Adapun keduanya sama-sama sah untuk Anda gunakan dalam sebuah dokumen penting.

  • Gambar tanda tangan yang melekat dalam file sehingga terlihat seperti tanda tangan asli di atas kertas.
  • Tanda tangan dalam bentuk kode yang nantinya berbentuk seperti quick response code.

Baca Juga : Handal! Begini Cara Bertransaksi Menggunakan QRIS

Cara 1, tanda tangan menggunakan Microsoft Word

Microsoft Office Word merupakan salah satu aplikasi pengolah kata yang umum karena mempunyai banyak pengguna. Jika dokumen masih dalam format DOCX maka Anda bisa membubuhkan tanda tangan secara langsung atau memanfaatkan fitur Signature Line.

Pertama, menggunakan gambar tanda tangan

  1. Sebagaimana judul sub, Anda memerlukan gambar tanda tangan untuk menerapkan cara ini. Anda cukup membuat tanda tangan di selembar kertas putih terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, Anda bisa memindai (scan) tanda tangan tersebut sehingga menjadi dalam bentuk file gambar. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kamera dengan cara memfoto tanda tangan Anda. Setelah mendapatkan file gambar tanda tangan, maka Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu memasang tanda tangan di bagian yang tersedia.
  3. Buka dokumen yang ingin Anda beri tanda tangan di Microsoft Word, kemudian klik Insert > Pictures.
  4. Pilih file gambar tanda tangan yang Anda inginkan, kemudian atur penempatan tanda tangan sesuai dengan tempatnya. Adapun Anda perlu mengatur beberapa hal berikut:
  • Gunakan Behind Text pada Format > Wrap Text untuk memberikan efek tanda tangan menyentuh nama terang.
  • Mengatur kecerahan pada kolom Format > Adjust.
  1. Jika sudah sesuai maka Anda bisa menyimpan file yang berisikan tanda tangan Anda.

Kedua, menggunakan Signature Line

  1. Buka file Word yang ingin Anda beri tanda tangan, kemudian pilih Insert > Signature Line.
  2. Secara otomatis akan muncul jendela Signature Setup. Di sini, Anda bisa melengkapi data penting tentang siapa yang memberikan tanda tangan.

  1. Jika sudah sesuai, klik OK dan sebuah kolom tanda tangan akan muncul.

  1. Untuk memberikan tanda tangan elektronik, Anda bisa klik ganda pada Signature Line sehingga akan muncul sebuah kolom isian setelah huruf X.
  2. Setelah itu, Anda bisa memilih opsi menuliskan nama lengkap di kolom atau memasukkan gambar tanda tangan menggunakan Select Image…

  1. Jika menggunakan image maka pilih gambar tanda tangan yang Anda inginkan, kemudian klik OK. Setelah itu, Anda bisa klik Sign untuk memunculkan tanda tangan di dokumen Microsoft Word.

Baca Juga : Aplikasi untuk Memberikan Tanda Tangan Elektronik (Recommended)

Cara 2, tanda tangan menggunakan Google Docs

Seperti pada Microsoft Word, aplikasi pengolah kata milik Google ini juga mempunyai fitur serupa.

  1. Tempatkan kursor Anda di lokasi yang ingin Anda beri tanda tangan.
  2. Klik Insert > Drawing > New kemudian pilih opsi Scribble.

  1. Setelah itu, membuat tanda tangan menggunakan mouse atau stylus.
  2. Jika sudah sesuai maka pilih opsi Save and Close.

Baca Juga : Membuat Lambang X Bar di Word 

Cara 3, tanda tangan dalam PDF

Pada dasarnya, Anda bisa membubuhkan tanda tangan dalam file PDF melalui beberapa cara. Secara khusus, Anda memerlukan PDF reader atau aplikasi pembuka PDF lainnya untuk membuka file, menandatangani, dan menyimpan dokumen.

Setidaknya ada beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat tanda tangan elektronik di file PDF.

Adobe Reader 

  1. Buka file PDF menggunakan Adobe Acrobat Reader terlebih dahulu.
  2. Pilih Fill and Sign pada toolbar.

  1. Arahkan kursor ke tempat membuat tanda tangan kemudian buat tanda tangan Anda di situ.
  2. Jika sudah sesuai maka Adobe Reader akan memunculkan tanda tangan Anda dalam dokumen dan Anda bisa menyimpan file tersebut.

Preview pada Mac

  1. Buka dokumen PDF menggunakan Preview pada Mac.
  2. Klik Show Markup kemudian pilih Sign.

  1. Setelah itu Anda bisa membuat tanda tangan elektronik dengan mengikuti instruksi untuk tanda tangan basah atau gambar tanda tangan.
  2. Klik kembali Sign kemudian pilih tanda tangan yang ingin Anda masukkan ke dalam file PDF.

Microsoft Edge

  1. Buka file PDF menggunakan Microsoft Edge.
  2. Klik Draw kemudian atur ketebalan dan warna tanda tangan yang Anda inginkan.
  3. Gunakan mouse untuk membuat tanda tangan elektronik pada lokasi yang tersedia.

  1. Jangan lupa untuk menyimpan file sebelum menutupnya.

Cara 4, menggunakan bantuan aplikasi 

Selain menggunakan beberapa cara di atas, Anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Saat ini ada banyak sekali aplikasi khusus untuk memudahkan Anda dalam membuat sebuah tanda tangan elektronik maupun digital.

Beberapa aplikasi perlu Anda unduh dan ada juga yang dapat Anda instal sebagai add-ons. Tentunya opsi ini bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga : Mengapa Perlu Membuat Tanda Tangan Elektronik atau Digital?

Selamat mencoba

Cara membuat tanda tangan elektronik cukup mudah kan? Jika Anda mempunyai cara lain untuk membuat tanda tangan elektronik atau tanda tangan digital, silakan tulis di kolom komentar.

Selamat mencoba!

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here