Penulis: Alhasbi
Apakah Anda pernah menggunakan rumus VLOOKUP pada Microsoft Excel? Atau mungkin Anda masih bingung bagaimana cara menggunakannya?
Microsoft Excel merupakan sebuah aplikasi pengolah data berupa angka yang umum dan sangat membantu pekerjaan olah data.
Salah satu fungsi atau rumus untuk mempermudah pekerjaan adalah VLOOKUP dan HLOOKUP yang berguna untuk mencari data. Berikut ini Hidup Digital akan menjelaskan tentang rumus HLOOKUP pada Excel.
Rumus VLOOKUP di Excel
VLOOKUP merupakan salah satu rumus dasar Excel yang termasuk dalam kategori lookup & references bersama dengan fungsi HLOOKUP, INDEX, dan MATCH.
Sebagaimana namanya, VLOOKUP berguna untuk mencari data dari sebuah tabel referensi. Sedangkan awalan V merupakan singkatan dari vertical, merujuk pada tabel referensi yang tersusun secara vertikal.
Perlu Anda pahami, fungsi VLOOKUP mempunyai 4 komponen penting yaitu sebagai berikut.
- Lookup_value yaitu nilai yang akan dicari, di mana nilai ini nantinya akan dicocokkan dengan tabel referensi (table_array).
- Table_array merupakan sebuah tabel yang menjadi referensi data.
- Col_index_num merupakan suatu kolom pada table_array yang berisikan data nilai yang akan dicari.
- Range_lookup merupakan nilai logika yang bisa Anda isi dengan TRUE atau FALSE. Logika tersebut berguna sebagai acuan apakah Anda ingin mencari nilai yang sama persis (FALSE) atau mendekati (TRUE). Jika menggunakan TRUE maka lookup_value akan mencari nilai yang mendekati. Sedangkan ketika menggunakan FALSE, lookup_value akan mencari nilai yang sama persis. Jika tidak ketemu maka akan muncul error (#NA!).
Baca Juga : Excel: Freeze Panes Agar Tidak Salah Input Data
Ada beberapa langkah dan tahapan untuk mengaplikasikan rumus VLOOKUP pada Microsoft Excel.
Tahap 1, mempersiapkan tabel referensi (table_array)
Tabel referensi ini berperan penting karena menjadi sumber utama pengambilan data. Oleh karena itu, pastikan data pada tabel referensi sudah benar dan sesuai agar tidak terjadi kesalahan data.
Sebagai contoh adalah tarif parkir berdasarkan jenis kendaraan. Jika Anda sudah mempunyai tabel referensi, Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.
Tahap 2, menggunakan rumus VLOOKUP
Perlu Anda pahami, VLOOKUP berfungsi untuk memunculkan nilai data sesuai pada tabel referensi (table_array). Berikut ini cara memunculkan data berdasarkan tabel referensi.
- Buat tabel untuk memunculkan rekap.
- Taruh pointer di Sel I4 dan ketik ikon sama dengan (=) kemudian klik drop-down Name box > More Functions.
- Cari fungsi rumus VLOOKUP kemudian klik OK.
- Setelah itu, Anda bisa memasukkan penghitungan, yaitu sebagai berikut.
- Lookup_value berisikan Cel sumber pencocokan. Sebagai contoh adalah Gol pada data Ari di kolom H4.
- Table_array merupakan sumber referensi data. Sebagai contoh adalah kolom B4 sampai D9. Anda bisa mengunci sumber ini dengan menekan F4 setelah input.
- Col_index_num merupakan kolom data yang ingin dimunculkan. Anda bisa menghitung kolom dari kiri table_array. Sebagai contoh adalah memunculkan data dari kolom kedua (Kendaraan) dari tabel referensi.
- Range_lookup bisa Anda mengisi TRUE atau FALSE dengan catatan sebagaimana penjelasan di atas. Sebagai contoh adalah FALSE untuk mengklasifikasi dengan tepat.
- Ketika sudah sesuai, klik OK dan secara Cel akan menampilkan data yang sesuai referensi.
- Setelah itu, Anda bisa menerapkannya ke cel lainnya.
Baca Juga : Begini Cara Membuat Pangkat di Excel
Cara cepat VLOOKUP
Jika Anda merasa ribet dengan cara di atas, Anda bisa menggunakan cara cepat yaitu sebagai berikut.
- Taruh pointer di Cel J5 untuk memunculkan data tarif kemudian ketik =VLOOKUP(.
- Setelah itu masukkan data sesuai dengan format yang tertera, yaitu sebagai berikut.
- Lookup_value berisikan Cel sumber data Agnes yaitu H5.
- Table_array yaitu tabel referensi B4 sampai D9. Tekan F4 untuk mengunci tabel tersebut.
- Col_index_num merupakan kolom data yang ingin dimunculkan, yaitu 3 (Tarif).
- Range_lookup yaitu FALSE karena data bersifat baku.
- Ketika sudah sesuai, tekan Enter dan cel akan memunculkan data sesuai tabel referensi.
- Setelah berhasil, Anda bisa menerapkan penggunaan VLOOKUP pada cel lainnya.
Baca Juga : Cara Mudah Membuat Ranking di Excel
Selamat mencoba
Menerapkan rumus fungsi VLOOKUP di Microsoft Excel cukup mudah kan? Selain VLOOKUP terdapat juga fungsi HLOOKUP yang mempunyai fungsi yang sama. Pelajari selanjutnya di Cara Kerja Rumus HLOOKUP Excel.
Selamat mencoba!
Sumber Able Bits. (2022) How to use VLOOKUP in Excel. ablebits.com Contextures. (2022) How to Use Excel VLOOKUP. contexture.com Microsoft. VLOOKUP function: When and how to use it. microsoft.com Perfect XL. How to use VLOOKUP in Excel. perfectxl.com Simpli Learn. (2022) How to Use VLOOKUP in Excel? A Step-by-step Guide. smiplilearn.com