Penulis: Alhasbi

Menjadi hal yang sangat menjengkelkan ketika ukuran instastory tidak sesuai sehingga ada lagu maupun gambar yang terpotong. Oleh karena itu, pahami lebih lanjut tentang ukuran instastory agar tidak terpotong percuma.

Instagram Story nyatanya mendorong banyak keterlibatan dan menjadi andalan banyak orang. Fitur ini mencapai rekor 500 juta pengguna aktif sepanjang masa dan membuktikan 2 aspek penting:

  • Ini adalah fitur IG paling populer saat ini, yang telah menyaksikan pertumbuhan luar biasa hanya dalam dua setengah tahun sejak diluncurkan;
  • Pemasar tidak dapat lagi menyangkal pentingnya dan efektivitasnya.

Di tahun 2021, hampir 58% orang mengatakan bahwa mereka menjadi lebih tertarik pada suatu merek atau produk setelah melihatnya di Instagram Story. Oleh karena itu, membuat story yang menarik di Instagram membutuhkan pemikiran dan ide khusus.

Baik Anda sudah menggunakan IG Stories atau belum, penting untuk mengetahui ukuran Instagram Story terbaik yang dapat Anda gunakan. Hidup Digital kali ini akan menjelaskan ukuran instastory yang tepat agar story tidak terpotong.

Ukuran instastory 

Bagi beberapa orang, membagikan instastory menjadi hal yang cukup krusial. Sehingga, tampilan yang kurang estetis seperti gambar terpotong bisa menjadi sebuah masalah tersendiri.

Nyatanya Instagram memberikan ukuran khusus instastory, baik untuk video maupun foto.

Ukuran instastory adalah 1080 x 1920 pixels atau 720 x 1280 pixels dengan rasio 9:16. Jika dikonversi ke ukuran lain, ini setara dengan lebar 9,144 cm dan tinggi 16,256 cm atau 11,25 x 20 inch.

Ukuran tersebut membuat hasilnya pas, tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir gambar akan terpotong atau memperbesar gambar yang justru membuat pixel menjadi pecah.

Baca Juga : Berbagai Cara Repost Postingan IG Story 

Instastory “safe zone”

Saat Anda membuat Instagram Stories, Anda juga perlu memperhatikan safe zone atau area aman. Ini merupakan hal penting yang mungkin para pengguna Instagram kurang memperhatikannya.

Perlu Anda ketahui, Instagram mempunyai garis aman berupa batasan di keempat sisinya (atas, bawah, kanan, dan kiri). Garis ini membantu instastory Anda tetap simetris meskipun Anda menambahkan banyak hal di dalamnya.

Idealnya, untuk memanfaatkan seluruh layar, Anda harus mengunggah foto potret atau video vertikal. Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa informasi penting tidak terpotong, Instagram akan memunculkan garis bantu. Ini sangat membantu saat membuat gambar, terutama saat Anda ingin menambahkan teks ke dalamnya.

Saat Anda membuat gambar atau video, Instagram merekomendasikan untuk membiarkan sekitar 250 piksel bagian atas dan bawah bebas dari teks, logo, atau elemen lainnya. Area aman yang dipertimbangkan yaitu 1080 x 1420 pixels.

Jadi, saat Anda mendesain gambar, membuat video, atau membuat konten iklan untuk Instagram Stories, ingatlah zona aman agar tidak menutupi detail penting yang ingin Anda sampaikan.

Cara terbaik membuat Instastory

Instastory merupakan fitur serbaguna karena pengguna bisa menggunakan beragam filter dan fitur keren untuk membuatnya terlihat lebih trend dan ceria. Anda dapat terus memperbarui pengikut Anda, mempromosikan merek pribadi atau perusahaan Anda, menjual produk, dan menggunakannya untuk pemasaran influencer. Berikut ini adalah beberapa praktik terbaik untuk memanfaatkannya secara maksimal.

Gunakan gambar kualitas tinggi

Postingan Anda akan terlihat profesional dengan konten berkualitas tinggi. Instagram memampatkan gambar dan video saat mengunggah, sehingga kualitas gambar berbintik semakin menurun. Pastikan gambar Anda setidaknya 72 PPI (pixel per inci) sebelum mengunggahnya.

Menggunakan dimensi yang benar

Tidak ada main-main dengan dimensi instastory yang benar. Anda tidak perlu khawatir tentang ukuran cerita jika Anda merekam video atau gambar vertikal menggunakan ponsel Anda.

Namun, Instagram akan memotong atau memperbesar/memperkecil konten horizontal Anda agar sesuai dengan ukuran yang benar. Pada kasus ini, hasil instastory akan terlihat buruk. Oleh karena itu, cerita Anda harus mempertahankan rasio aspek 9:16.

Sudut pandang vertikal

Berlawanan dengan postingan feed yang fleksibel dalam dimensi dan orientasi, Instastory bekerja dengan baik melalui konten vertikal. Jika gambar atau video Anda dalam format horizontal, pertimbangkan untuk menguploadnya sebagai postingan biasa.

Gunakan aplikasi editor

Anda dapat menggunakan aplikasi pengeditan seperti Canva, Adobe Spark, Lumen 5, atau aplikasi olah gambar/video lain untuk mengunggah konten berkualitas tinggi dengan tetap mengikuti dimensi yang benar. Aplikasi-aplikasi ini memungkinkan Anda memasukkan spesifikasi, mengunggah, mengedit konten, hingga membuat grafik tambahan.

Simpan file dalam ukuran 30 MB

Ada batas atas ukuran file konten kualitas superior untuk instastory. File Anda harus tetap berada dalam ukuran 30 MB.

Baca Juga : Cara Agar Mention di IG Story Tidak Kelihatan

Selamat mencoba

Itulah ukuran ideal Instastory dan cara membuatnya lebih menarik. Jika Anda mempunyai tips atau informasi lain tentang Instastory, silakan tulis di kolom komentar.

Selamat mencoba!

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here