Penulis: Alhasbi

Menghubungi CS Tokopedia sebenarnya merupakan pekerjaan yang sangat mudah. Akan tetapi, masih ada orang yang kebingungan bagaimana cara menghubungi CS untuk melakukan komplain atau menanyakan informasi barang.

Populernya belanja online tidak terlepas dari berkembangnya marketplace unggulan Indonesia, termasuk Tokopedia. Marketplace satu ini memang terkenal mempunyai pelayanan yang baik. Oleh karena itu, tidak sedikit orang membeli produk melalui Tokopedia.

Namun, ada kalanya Anda perlu menghubungi CS untuk menanyakan sesuatu atau mengalami suatu kendala. Cara yang paling mudah yaitu dengan menelpon CS atau Call Center daripada Anda harus datang ke kantor Tokopedia.

Akan tetapi, tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara menghubungi bagian CS atau Call Center Tokopedia. Oleh karena itu, Hidup Digital kali ini akan memberikan cara menghubungi CS dan Call Center Tokopedia agar cepat mendapat balasan.

Perlu Anda pahami, terdapat beberapa saluran komunikasi yang bisa Anda gunakan untuk menghubungi Tokopedia. Beberapa media tersebut memang sengaja disediakan Tokopedia untuk mempermudah customer.

Melalui Layanan Pengguna

Halaman layanan pengguna merupakan cara umum untuk menghubungi CS. Terdapat beberapa cara untuk menghubungi CS melalui layanan pengguna, namun pada dasarnya Anda bisa mengaksesnya melalui aplikasi Tokopedia.

Adapun berikut ini beberapa cara menghubungi CS Tokopedia melalui layanan pengguna.

Cara 1, melalui Tokopedia Care

Tokopedia Care berisikan berbagai informasi umum tentang Tokopedia, semacam FAQ (frequently asking question).

  1. Buka menu utama aplikasi Tokopedia kemudian pilih Bantuan Tokopedia Care.

  1. Setelah itu, Anda bisa menanyakan pertanyaan melalui kolom pencarian dengan menulis kata kunci masalah. Selain itu, Anda juga bisa memilih kategori topik sesuai dengan masalah Anda.

  1. Anda bisa mencari jawaban dari masalah Anda melalui opsi pertanyaan yang muncul di layar. Ketika masih mengalami kendala, Anda bisa tap panel Hubungi Kami.

  1. Setelah itu, Anda bisa menuliskan kendala Anda secara detail dengan menyertakan foto atau video pendukung. Kemudian, klik Kirim untuk mengirim ke CS.

Baca Juga : Fitur-fitur Shopee yang Harus Anda Ketahui 

Cara 2, melalui Invoice Transaksi

Layanan pengguna juga bisa Anda akses melalui invoice transaksi, yaitu sebagai berikut.

  1. Buka menu utama Tokopedia, kemudian pilih Akun > Belanja.

  1. Pilih transaksi Anda yang bermasalah kemudian scroll ke bawah dan tap Untuk bantuan silakan klik disini.

  1. Anda akan diarahkan ke halaman yang menghubungkan Anda ke CS, seperti pada Tokopedia Care.

Cara 3, melalui Live Chat

Selain kedua cara di atas, Anda juga bisa menggunakan fitur Live Chat yang menghubungkan Anda secara langsung dengan Tim Tokopedia Care. Adapun cara ini hanya muncul di akun pelanggan Gold & Platinum yang bisa dengan mudah Anda akses melalui widget yang ada di laman Tokopedia (aplikasi, web, maupun desktop).

  1. Buka halaman pengaturan kemudian pilih Tokopedia Care.

  1. Tap Chat Sekarang yang muncul otomatis melalui pop-up pada halaman Pusat Bantuan.
  2. Secara otomatis akan muncul pesan bot, sembari menunggu antrian untuk terhubung langsung dengan CS. Anda bisa menanyakan kendala Anda melalui fitur chat tersebut.

Cara 4, melalui Pusat Resolusi

Perlu Anda pahami, pusat resolusi merupakan fitur untuk menjembatani penjual dengan pembeli untuk melakukan komplain langsung dengan penjual. Selain itu, Anda akan mendapatkan jawaban langsung dari penjual.

  1. Buka aplikasi kemudian masuk ke Akun > Belanja.
  2. Pilih transaksi yang bermasalah kemudian temukan panel Komplain.

  1. Konfirmasi komplain kemudian pilih opsi kendala masalah yang Anda alami.
  2. Apabila penjual tidak merespon, Anda bisa scroll ke bawah kemudian pilih Minta Bantuan. Di sini, Anda akan terhubung dengan CS untuk membantu mengutarakan komplain Anda.

Baca Juga : Pahami Keuntungan Menggunakan QRIS

Melalui media sosial Tokopedia

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa terhubung dengan CS melalui akun media sosial. Tokopedia mempunyai beberapa akun sosial media untuk memudahkan Anda untuk terhubung dengan CS Tokopedia.

Adapun media sosial Tokopedia antara lain sebagai berikut.

  • Instagram @tokopedia
  • Twitter @tokopedia
  • Fanspage Facebook @tokopedia
  • Email [email protected]

Untuk terhubung, Anda bisa mengunjungi sosial media kemudian mengirim pesan (direct message) melalui media sosial tersebut.

Menghubungi Tokopedia melalui telepon

Jika Anda menginginkan respon yang cepat, Anda bisa menggunakan layanan telepon Tokopedia. Namun cara ini tidak menjadi rekomendasi karena pihak Tokopedia tidak memberikan informasi detail tentang nomor telepon.

Akan tetapi, di beberapa sumber menyantumkan nomor telepon Tokopedia yang bisa Anda coba untuk hubungi. Adapun nomor Call Center Tokopedia Pusat yaitu (021) 8064 7333 atau (021) 5369 1015.

Namun perlu Anda perhatikan, untuk terhubung dengan CS Tokopedia melalui nomor tersebut cukup sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan cara lain seperti melalui media sosial. Pasalnya, respon di media sosial cukup cepat dan jelas.

Baca Juga : Mencari Kantor JNE Terdekat 

Selamat mencoba

Cara menghubungi CS Tokopedia cukup mudah dan banyak opsi kan? Jika Anda mempunyai cara lain untuk terhubung dengan CS, silakan tulis di kolom komentar ya.

Selamat mencoba!

Sumber

Kabar Sip. (2022) Daftar Customer Service Tokopedia yang Dapat Dihubungi 24 Jam. kabarsip.com

Nomer Call Center. (2022) Call Center Toopedia 24 Jam Bebas Pulsa. nomercallcenter.com

Quora. Mengapa Tokopedia tidak memiliki Call Center? quora.com

Tokopedia Care. Dimana Saya Dapat Menghubungi Tokopedia? tokopedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here