Penulis: Alhasbi
Microsoft Excel merupakan aplikasi Microsoft Office yang secara spesifik berguna untuk mengolah data berupa angka. Akan tetapi, banyak orang tidak bisa menulis angka 0 (nol) di Microsoft Excel.
Untuk alasan tertentu, mungkin Anda perlu menyertakan angka nol seperti nomor urut menggunakan 2 digit maupun menulis kontak telepon. Ketika Anda menulis angka 0 di kolom, secara otomatis angka tersebut akan menghilang. Misalkan Anda menulis nomor telepon 081234567890, maka hasilnya akan menjadi 81234567890.
Nah, pada kali ini Hidup Digital akan menjelaskan beberapa cara mudah menulis angka nol “0” di Microsoft Excel.
Cara 1, mengatur format sebagai Text
Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengubah format kolom dari format angka ke dalam format teks. Dengan begitu, semua karakter yang Anda masukkan ke dalam kolom akan terbaca sebagaimana Anda menginputnya.
- Buka Excel kemudian pilih kolom yang ingin Anda gunakan angka 0 di awal.
- Setelah itu, masuk ke tab menu Home sehingga muncul beberapa opsi.
- Di bagian Numbers, klik dropdown Format.
- Setelah itu, pilih Text dari format yang ada di dalamnya.
- Kemudian, data yang muncul di dalam kolom akan sama dengan apa yang Anda masukkan.
Cara 2, melalui format Custom
- Buka Excel, pilih kolom kemudian klik kanan > Format Cells atau menekan tombol Ctrl + 1 untuk membuka jendela format.
- Setelah jendela Format Cells terbuka, masuk ke tab Number.
- Di kolom Category, pilih Custom.
- Kemudian di kolom Type, masukkan angka 0 sebanyak digit yang ingin Anda inginkan. Jika Anda ingin menulis urutan dengan 3 digit maka tulis 000, ketika ingin menggunakan 12 digit nomor telepon maka tulis 000000000000, begitu seterusnya.
- Jika sudah sesuai, klik OK untuk menerapkan pengaturan.
- Setelah itu, Anda bisa menulis angka bebas dan di angka 0 akan muncul di bagian awal. Asumsinya, angka 0 akan muncul sesuai dengan nomor urut seperti 1 menjadi 001 dan 822 menjadi 822 yang intinya terdapat 3 digit angka.
Cara 3, menggunakan apostrophe
Ini mungkin menjadi cara cepat yang bisa Anda lakukan dan menjadi cara cepat untuk banyak orang. Cara mudahnya, Anda hanya perlu menyematkan tanda apostrophe atau tanda petik satu (‘) sebelum menulis angka.
- Buka Excel kemudian klik kolom yang ingin Anda isi angka nol.
- Ketik tanda apostrophe, kemudian lanjutkan dengan angka 0 dan seterusnya.
- Jika sudah sesuai, tekan Enter kemudian data secara otomatis akan muncul dengan angka 0 di depan.
Baca Juga : SlidePlayer: Cara Upload dan Beberapa Hal yang perlu Anda Ketahui
Cara 4, menggunakan formula TEXT
Perlu Anda pahami, cara ini kurang lebih seperti mengatur formula pada umumnya.
- Buka Excel kemudian tulis angka yang Anda inginkan.
- Klik ke kolom sebelahnya, kemudian masukkan formula dengan format =TEXT(Value,Format).
- Sebagaimana contoh, Anda bisa mengubah angka di baris B ke C dengan memunculkan angka nol untuk melengkapi 6 digit. Anda bisa menulis =Text(B5,”000000”) dengan ketentuan jumlah nol sebanyak digit yang Anda kehendaki.
- Jika sudah sesuai, tekan Enter dan data akan berubah dari 3 digit menjadi 6 digit menggunakan angka nol di depannya.
Cara 5, menggunakan formula RIGHT
Sama seperti cara sebelumnya, Anda juga bisa menggunakan formula RIGHT untuk memunculkan nol di depan.
Sedikit berbeda, Anda bisa memasukkan formula =RIGHT(“000000”&A2,6) kemudian Enter.
Adapun “000000” bisa Anda tuliskan sebagai jumlah angka 0 yang akan muncul di depan, diikuti dengan &(lokasi kolom). Kemudian, angka 6 untuk memunculkan jumlah digit yaitu 6 digit.
Anda bisa menggunakan fitur Paste Special untuk mempertahankan data dengan utuh.
Cara 6, menggunakan formula BASE
Seperti cara 4 dan 5, cara lainnya adalah menggunakan formula BASE untuk memunculkan angka nol di Excel.
Adapun formula yang bisa Anda gunakan adalah =BASE(Number,Base,Minimal_Lenght).
Number adalah kolom yang ingin Anda tambahkan angka nol di depannya dan Base merupakan dasar angka yang ingin Anda ubah nilainya. Sedangkan Minimal_Length bisa Anda terapkan secara opsional untuk memunculkan jumlah karakter yang Anda inginkan.
Contoh di atas merupakan cara menambahkan angka nol di depan degan ketentuan kolom B5 dengan dasar 10 (untuk memunculkan kemungkinan Anda menulis angka 10) dan mengubahnya menjadi 6 digit.
Cara 7, menggunakan CONCATENATE
Perlu Anda pahami, pada dasarnya CONCATENATE membutuhkan cara seperti cara 4 hingga 6. Akan tetapi, format ini bisa Anda gunakan ketika ingin menulis nomor telepon di mana ada angka nol di depan.
Adapun Anda bisa memasukkan formula =CONCATENATE(Angka_nol,Kolom).
Adapun Angka_nol bisa Anda isikan karakter yang harus muncul di bagian awal, yaitu angka nol. Anda bisa menulis nol sekali untuk memunculkan 1 angka nol, atau menggunakan 00 untuk memunculkan 2 karakter nol di awal. Kemudian, Kolom merupakan kolom referensi yang ingin Anda ubah formatnya.
Sebagai contoh, gambar di atas memperlihatkan bagaimana format untuk memunculkan satu digit angka nol di bagian awal.
Menghilangkan angka nol di depan
Adapun untuk menghilangkan angka nol atau mengembalikan ke format semua, caranya sangat mudah.
Sorot kolom yang ingin Anda kembalikan ke semula kemudian buka tab Home > Number Format. Di sini, Anda bisa memilih opsi General untuk mengembalikannya seperti semula.
Baca Juga : Mudah! Cara Mengubah Ukuran (resize) Gambar di Photoshop
Selamat mencoba
Cara menulis angka nol (0) di depan menggunakan Excel sangat mudah kan? Jika Anda mempunyai cara lain untuk menulis angka nol di Excel, silakan bagikan di kolom komentar.
Selamat mencoba!
Sumber Able Bits. (2023) How to add leading zeros in Excel. ablebits.com How to Excel. 9 Ways to Add Leading Zero In Excel. howtoexcel.org How to Geek. (2019) How to Enter Zero Before a Number in Excel. howtogeek.com Street Directory. How to Insert 0 Before Any Number in Excel. streetdirectory.com