Penulis: Andreas

Bagaimana cara membuat auto shutdown pada laptop atau PC Anda? Shutdown adalah istilah untuk proses mematikan komputer, dan tentu banyak yang sudah paham. Tapi, apakah Anda tahu cara mematikan komputer secara otomatis?

Melakukan shutdown secara otomatis, maksudnya adalah Anda dapat mengatur di jam tertentu pada laptop atau komputer untuk dimatikan. Ternyata windows memiliki fitur tersebut.

Banyak orang biasanya lupa atau kadang malas untuk mematikan laptop atau komputernya. Biasanya karena laptop atau komputer ini sering digunakan berhari-hari berturut-turut, jadi sekalian. Nah, hal ini ternyata tidak baik.

Keseringan tidak mematikan komputer secara manual dapat menyebabkan laptop cepat rusak atau mati. Hal ini terjadi karena laptop atau komputer mati tidak sesuai dengan prosedurnya.

Maka dari itu, fitur ini diperlukan. Kami akan menjelaskan cara membuat laptop atau komputer auto shutdown dengan sistem operasi windows. Cara ini sangat mudah dilakukan. Berikut penjelasannya.

Baca Juga : 5 Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Cara 1. Auto Shutdown menggunakan Run

Pertama, ada bisa menggunakan cara ini karena lebih simple. Anda bisa menggunakan fitur RUN yang sudah tersedia pada Windows.

1. Buka kotak dialog Run dengan cara tekan Window+R

2. Ketik “shutdown -s -t <hitungan mundur dalam detik>” lalu tekan Enter. Contohnya, jika ingin mematikan PC atau laptop setelah 10 menit, maka ketik shutdown -s -t 600

auto shutdown run 1600 menandakan jumlah detik. Sehingga dalam contoh ini, jika ingin mematikan PC setelah 10 menit, berarti 10 menit itu sama artinya dengan 600 detik. Anda bisa mengatur waktunya sesuai keinginan.

3. Setelah selesai, sistem akan mengingatkan Anda tentang waktu auto-shutdown

auto shutdown run 2Cara 2. Auto Shutdown dengan Command Prompt

Cara lain yang Anda bisa lakukan agar laptop atau PC auto shutdown adalah dengan menggunakan CMD. Dengan ini, Anda bisa menjalankan perintah tertentu dengan cara mengetikan suatu kode. Berikut cara-caranya.

1. Buka Command Prompt. Caranya bisa dengan mengetik CMD pada pencarian di Start Menu

2. Ketik “shutdown -s -t <hitungan mundur dalam detik>” lalu tekan Enter. Contohnya, jika Anda ingin mematikan PC atau laptop setelah 15 menit, maka ketik shutdown -s -t 900

auto shut down cmd3. Tekan tombol Enter. Lalu akan muncul kotak dialog bahwa sistem telah menjadwalkan sign out sesuai dengan waktu yang telah diatur.

auto shutdown run 2

Cara 3. Auto Shutdown dengan Windows PowerShell

Cara mudah berikutnya adalah menggunakan Windows PowerShell. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka Windows PowerShell dengan cara mencarinya di Start Menu atau bisa menggunakan Run (Ctrl+R)

powershell 1

2. Ketik “shutdown -s -t <hitungan mundur dalam detik>” lalu tekan Enter. Contohnya, jika Anda ingin mematikan PC atau laptop setelah 30 menit, maka ketik shutdown -s -t 1800

auto shut down powershell3. Tekan Enter untuk memprosesnya

Cara 4. Auto Shutdown dengan Task Scheduler

Selanjutnya, Anda bisa membuat laptop atau PC auto shutdown dengan menggunakan program bawaan Windows bernama Task Scheduler. Program ini berfungsi untuk membuat penjadwalan melakukan shutdown secara otomatis pada komputer atau laptop.

1. Ketik Task Scheduler pada kotak pencarian di Start Menu. Lalu ketik Enter untuk membukanya

taskscheduler1

2. Klik pada opsi bertuliskan Create Basic Task

taskscheduler23. Berikan nama. Contohnya, Shutdown lalu klik Next

taskscheduler34. Pilih pola waktu yang Anda inginkan. Lalu klik Next

taskscheduler45. Atur waktunya, mulai dari tanggal hingga waktu tepatnya. Lalu klik Next

taskscheduler56. Pilih opsi Start a program. Lalu klik Next untuk memprosesnya

7. Klik Browse dan pilih shutdown.exe dari C/Windows/System32

taskscheduler78. Pada kolom Add argument, tulis -s. Lalu klik Next

taskscheduler89. Klik Finish untuk menyelesaikan

taskscheduler9

Baca Juga : Mengatasi 100% Disk Usage Windows 10

Selamat mencoba

Demikian cara membuat laptop atau PC auto shutdown. Anda bisa pilih cara mana yang cocok dan sesuai. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir apabila lupa atau malas mematikan komputer. Mudah, bukan?

Selamat mencoba!

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here