Penulis: Alhasbi
Cara komplain pengiriman di JNE sebenarnya cukup mudah.
Aktivitas kirim mengirim barang saat ini menjadi sangat mudah, terlebih dengan maraknya belanja online serta banyaknya ekspedisi yang ada. JNE merupakan salah satu ekspedisi dengan banyak pengguna dan sudah berpengalaman dalam aktivitas ekspedisi di seluruh Indonesia.
Meskipun begitu, bukan berarti pengiriman paket melalui JNE akan selalu berjalan mulus dan lancar. Ada kalanya pengiriman paket Anda terhambat atau menemui beberapa kendala sehingga proses pengiriman tidak berjalan lancar.
Ketika pengiriman Anda menemui kendala, jangan ragu untuk melakukan komplain ke JNE. Hidup Digital pada kesempatan ini akan menjelaskan cara komplain pengiriman paket JNE.
Namun sebelum melakukan komplain, ada baiknya Anda melakukan cek resi JNE secara berkala untuk memantau adanya eror pada paket Anda.
Cara 1, komplain melalui media sosial JNE
Saat ini media sosial bagi sebuah perusahaan berperan penting untuk berkomunikasi langsung dengan pengguna. Salah satu fungsi dari media sosial ini adalah untuk mengutarakan komplain terkait pengiriman paket, termasuk JNE.
Setidaknya, JNE mempunyai 3 akun media sosial yang selalu aktif 24 jam yaitu melalui Facebook, twitter, dan Instagram.
- Buka media sosial yang biasa Anda gunakan.
- Kunjungi akun media sosial JNE melalui Facebook JNE (@JNEPusat), twitter JNE (@JNE_ID), atau Instagram JNE (jne_id).
- Kirim pesan chat melalui media sosial tersebut dengan menyertakan subject komplain, isi komplain, beserta nomor resi.
Cara 2, komplain melalui email JNE
Salah satu cara untuk komplain pengiriman yaitu melalui email JNE.
- Buka email, kemudian buat email baru yang ditujukan kepada [email protected].
- Pada bagian Subject bisa Anda isi dengan inti komplain Anda seperti paket bermasalah, paket rusak, dsb.
- Di bagian isi, tuliskan komplain yang ingin Anda utarakan. Jangan lupa untuk menyertakan nama, nomor telepon, dan nomor resi sesuai yang tertera di paket.
- Jangan lupa untuk menambahkan foto atau video untuk mendukung komplain Anda.
Baca Juga : Ketahui Status Pengiriman Paket JNE Anda
Cara 3, komplain melalui telepon
Jika Anda menginginkan respon yang sangat cepat maka Anda bisa menghubungi Call Center JNE. Nomor tersebut tersambung dengan kantor JNE Pusat, sehingga masalah pengiriman tentu dapat diketahui dengan cepat dan segera.
- Ambil telepon Anda kemudian hubungi Call Center JNE di (021) 2927 8888.
- Tekan tombol ekstensi untuk menyambung ke bagian penanganan.
- Setelah tersambung, jelaskan komplain yang ingin Anda utarakan.
Cara 4, komplain melalui halaman Ask Joni
Perlu Anda ketahui, JNE mempunyai halaman khusus untuk memudahkan pelanggan agar terhubung dengan JNE yaitu melalui Ask Joni. Melalui Ask Joni, Anda juga bisa mengutarakan komplain terkait pengiriman paket JNE Anda.
- Buka halaman Ask Joni di https://www.jne.co.id/id/hubungi-kami/ask-joni.
- Setelah itu Anda bisa mengisi data diri yang dibutuhkan yaitu nama, email aktif, dan nomor telepon. Pastikan data tersebut sesuai dengan data yang tertera di paket Anda.
- Di bagian Subject, pilih komplain yang ingin Anda sampaikan. Jika bingung sebaiknya pilih Customer Service.
- Setelah itu Anda bisa menulis komplain tentang pengiriman paket JNE yang Anda alami di kolom Message. Jangan lupa untuk melampirkan nomor resi paket Anda yang bermasalah.
- Jika sudah sesuai maka klik SEND MESSAGE dan pesan akan diteruskan langsung ke pihak JNE.
Cara 5, komplain dengan datang ke kantor JNE terdekat
Datang langsung ke kantor JNE mungkin menjadi cara paling efektif untuk komplain pengiriman. Anda hanya cukup mencari kantor JNE terdekat kemudian mendatanginya.
Di kantor, Anda bisa mengutarakan masalah terkait paket Anda. Dengan begitu, kantor cabang tersebut akan melakukan follow-up langsung ke kantor pusat untuk mengatasi masalah paket Anda.
Baca Juga : Arti Received at Warehouse JNE
Selamat mencoba
Cara komplain pengiriman di JNE cukup mudah kan? Jika Anda mempunyai tips seputar komplain pengiriman atau cara mengirim paket JNE, silakan tulis di kolom komentar.
Selamat mencoba!
Sumber Cargo Murah. Paket JNE Telat? Ini Cara Komplain JNE Paling Gampang. cargomurah.id Deliveree. (2022) Saran Customer Komplain JNE, J&T, Wahana, Tiki (Untuk 2022). deliveree.com JNE Tracking. Cara Menghubungi Pihak JNE Via Email Dan Telp. jnetracking.com Kargo. (2021) Cara Komplain JNE yang Paling Mudah. kargo.tech Resinesia. (2022) paket bermasalah, berikut cara komplain ke jne. resinesia.com VN Call Center. (2022) Cara Komplain JNE Salah Satunya Melalui Call Center JNE. vncallcenter.com