Penulis: Alhasbi

Satu hal paling penting untuk Anda lakukan sebelum membeli RAM baru adalah cek RAM yang terpasang di laptop. Jangan sampai, Anda sudah beli RAM ternyata tidak sesuai dengan laptop maupun tidak sesuai dengan kapasitas motherboard laptop Anda. Ketika hal itu terjadi, pastinya akan merugikan Anda.

Peran RAM cukup penting karena sangat berpengaruh terhadap performa komputer. Artinya, semakin besar RAM yang Anda gunakan maka performa laptop akan menjadi lebih baik. Hal inilah yang mendasari beberapa orang memilih untuk upgrade atau menambah RAM di perangkat komputer portabel (laptop).

Ada beberapa hal mendasar yang perlu Anda ketahui tentang RAM ketika menggunakan komputer, khususnya laptop.

Memahami RAM

RAM atau random access memory merupakan sistem memori yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan informasi penting yang diperlukan sistem operasi dan program dalam komputer. Memori ini berfungsi sebagai penyimpan informasi jangka pendek (short-term memory) yang umumnya ada di perangkat elektronik.

Oleh karena itu, semakin besar penyimpanan maka performa laptop tentu lebih cepat. Hal ini karena informasi penting yang dibutuhkan (tersimpan di RAM) akan lebih banyak. Dengan begitu, komputer Anda dapat bekerja dengan mudah dan lebih cepat.

Memang tidak ada jawaban pasti dengan pertanyaan “Berapa besar RAM yang Anda butuhkan?”. Hal ini bergantung pada aktivitas apa yang Anda lakukan dengan laptop tersebut.

Selain itu, semua laptop terbaru paling tidak menggunakan ukuran 4GB. Ukuran tersebut cukup untuk Anda yang hanya menggunakan laptop untuk pekerjaan dasar. Namun, jika Anda menggunakan laptop untuk multimedia (seperti editing gambar 3D hingga videografi) maka sebaiknya Anda menggunakan RAM 8GB atau lebih.

Akan tetapi, jangan asal membeli karena saat ini ada berbagai jenis, merek, ukuran, hingga seri RAM. Misalkan Anda menggunakan RAM DDR3 atau DDR4, DDR3 atau DDR3L, hingga ukuran daya yang sesuai untuk motherboard.

Selain itu, mungkin Anda perlu untuk mengecek slot RAM. Pasalnya, ada beberapa laptop yang mempunyai slot RAM ganda. Jika terdapat slot RAM ganda maka Anda cukup membelikan RAM tambahan (misalkan bawaan 4GB, maka Anda cukup beli 4GB untuk menjadikan 8GB). Namun ketika hanya ada satu slot maka Anda harus mengganti RAM tersebut.

Baca Juga : Cara Mengatasi RAM Usable dengan Mudah

Sebenarnya Anda bisa cek informasi RAM laptop di buku petunjuk pemakaian atau melihat perangkat RAM secara langsung. Akan tetapi, tidak jarang para pemilik laptop kehilangan buku petunjuk atau enggan untuk membongkar laptop mereka. Oleh karena itu, Hidup Digital akan menjelaskan cara mudah cek tipe hingga ukuran RAM pada laptop.

Cek RAM di Windows

Ada beberapa cara untuk cek RAM di Windows, yaitu sebagai berikut.

Cara#1, melalui System (minimal Windows 10)

  1. Masuk ke Settings (Win + I) kemudian pilih System.

  1. Buka tab About kemudian lihat bagian Device specifications akan memperlihatkan informasi tentang RAM.

Cara#2, melalui CMD

  1. Jalankan Command Prompt (CMD) terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, masukkan komando di bawah ini kemudian tekan Enter.
wmic MemoryChip get MemoryType, Name, Capacity, Configuredclockspeed, DeviceLocator, FormFactor, Manufacturer, Serialnumber, Speed

Cara#3, melalui PowerShell

  1. Jalankan PowerShell kemudian masukkan komando
Get-CimInstance -ClassName Win32_PhysicalMemory | Format-Table Capacity, Manufacturer, MemoryType, FormFactor, Name, Configuredclockspeed, Speed, Devicelocator, Serialnumber –AutoSize
  1. Secara otomatis PowerShell akan memperlihatkan informasi tentang RAM seperti pad acara CMD.

Baca Juga : Cara Mengecek Slot RAM di Laptop

Cek RAM di Mac

Ada beberapa cara untuk cek RAM di laptop Apple atau Mac.

  1. Klik ikon Apple kemudian pilih About This Mac.
  2. Akan muncul jendela informasi tentang RAM (Memory) di Mac Anda. Klik More Info… / System Report… untuk mendapat informasi lebih lengkap.

  1. Pilih tab Memory dan Anda akan menemukan informasi detail tentang RAM Anda. Termasuk jumlah slot yang ada dan yang Anda gunakan.

Cek RAM menggunakan aplikasi dan website

Anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk cek RAM laptop. Aplikasi ini secara khusus akan mendeteksi detail penggunaan RAM. Tentunya, cara ini menjadi lebih simpel dan terkadang memberikan informasi lebih lengkap daripada beberapa cara di atas.

Menggunakan CPU-Z atau Speccy

Salah satu aplikasi yang umum adalah CPU-Z. Anda bisa instal CPU-Z kemudian buka tab Memory. Di bagian ini akan terlihat informasi detail tentang RAM yang ada di laptop.

Selain CPU-Z, Anda juga bisa menggunakan Speccy. Cukup instal Speccy kemudian buka tab RAM. Secara otomatis, aplikasi akan memperlihatkan detail informasi RAM yang ada di laptop Anda.

Cek di website

Selain beberapa cara di atas, Anda bisa cek RAM laptop melalui website crucial. Cara ini bisa Anda gunakan untuk PC apa saja.

  1. Kunjungi situs Crucial di https://www.crucial.com/ kemudian pilih Look up my computer.

  1. Tentukan 3 hal meliputi Manufacturer (merek laptop Anda), product line (seri produk), dan memilih Model laptop.

  1. Klik Find my computer dan situs akan memunculkan informasi penting seperti yang ada pada buku petunjuk.

Baca Juga : Cara Mengecek RAM di HP Android

Selamat mencoba

Anda tertarik untuk upgrade RAM? Cek dulu kapasitas RAM yang ada di laptop, supaya tidak salah beli RAM. Jika Anda mempunyai cara lain yang mudah untuk cek RAM laptop, silakan tulis di kolom komentar.

Selamat mencoba!

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here