Penulis: Alhasbi

Saat ini memberikan foto profil yang oke pada media sosial merupakan hal penting. Keberadaan foto yang oke dapat membantu orang lain untuk menemukan Anda.

Anda pasti juga akan kesal ketika mencari seseorang di sosial media namun tidak menemukan akun dengan foto yang memperlihatkan orang dengan jelas. Pastinya, hal tersebut juga berlaku untuk orang lain yang mungkin mencari akun media sosial Anda.

Gambar profil di jejaring sosial berperan penting dalam menumbuhkan interaksi dengan pengguna lain. Tidak sedikit orang yang memutuskan untuk mengikuti (follow) karena menggunakan foto profil yang oke. Bahkan foto profil yang oke dapat memperlihatkan bahwa Anda merupakan seorang profesional.

Masing-masing dari kita melihat ratusan foto profil orang lain setiap hari, tetapi hanya beberapa dari mereka yang dapat menarik perhatian kita dan membuat kita tertarik pada seseorang. Oleh karena itu, Hidup Digital akan memberikan beberapa tips dalam membuat foto profil media sosial yang oke dan proper.

1. Percaya diri dan perlihatkan wajah dengan jelas

Orang lain dapat mengenali akun ketika melihat wajah Anda di dalamnya. Memperlihatkan wajah dalam gambar profil adalah pilihan terbaik untuk keterlibatan media sosial. Wajah mempengaruhi keputusan dan penilaian orang lain terhadap pemilik akun.

Wajah adalah jenis citra yang unik dan kuat. Studi tentang psikologi gambar menunjukkan bahwa wajah memanfaatkan bias kognitif yang tertanam dalam otak kita.

Anda mungkin ingin memperlihatkan hal yang Anda sukai seperti anjing atau sepak bola atau ski. Namun perlu Anda pahami, foto profil bukanlah tempat untuk menegaskan hal tersebut. Jika Anda ingin memperlihatkan hobi tersebut, Anda bisa tetap memperlihatkan dengan jelas wajah dan menunjukkan hobi Anda sebagai background.

2. Crop foto dengan proper

Perlu Anda pahami, foto terbaik dapat rusak karena pemotongan (cropping) yang tidak tepat. Cobalah untuk memposisikan wajah dengan tepat sehingga terlihat juga area latar belakang.

Beberapa headshots terlalu dekat maupun terlalu jauh mungkin akan memunculkan persepsi negatif. Pastikan kepala Anda di bingkai dengan benar dalam bidikan sehingga orang dapat melihat Anda dan sedikit latar belakang.

Memang, wajah Anda harus memenuhi sebagian besar gambar. Namun tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat. Biarkan orang lain melihat wajah Anda tetapi jangan memadati kamera.

Begitu pula sebaliknya, jika wajah terlalu kecil maka orang tidak dapat melihat senyum Anda saat gambar muncul dalam ukuran yang lebih kecil. Perlu Anda pahami, ukuran gambar di media sosial mungkin hanya 50×50 pixel yaitu hanya seukuran ujung jari Anda.

Baca Juga : Panduan Edit Foto di Instagram Tanpa Aplikasi Tambahan

3. Gunakan foto saat tersenyum

Bahasa tubuh dapat memperlihatkan bagaimana Anda sebenarnya, termasuk senyum di wajah. Ada beberapa tingkatan pada ekspresi bibir dari cemberut seraya mengatakan “apa lihat-lihat?” hingga senyuman lebar dengan mulut terbuka seraya mengatakan hal positif seperti “Saya suka dunia dan semua orang di dalamnya”.

Perhatikan keterbukaan di empat dan lima. Jika Anda ingin menunjukkan keterbukaan di wajah Anda, coba buka mulut Anda! Anda dapat membayangkan mana yang akan memicu lebih banyak keterlibatan di media sosial.

4. Jangan menggunakan foto bersama dan hindari selfie

Mungkin Anda ingin memperlihatkan atau mengenalkan sahabat atau keluarga Anda. Namun hal ini tidak tepat sebagai foto profil karena alasannya cukup jelas. Orang baru sangat mungkin akan kebingungan untuk mengidentifikasi pemilik akun sebenarnya.

Selalu gunakan foto Anda sendiri tanpa teman, kerabat, hewan peliharaan, atau bahkan objek yang terlalu besar untuk foto profil media sosial. Namun jangan menggunakan foto yang memperlihatkan bahwa Anda sedang selfie.

Gunakan tripod kamera atau meminta bantuan orang lain untuk mengambil foto. Kalau terpaksa selfie, lakukan selfie dengan tidak memperlihatkan bahwa Anda sedang selfie. Dengan kata lain, Anda perlu mengelabui orang lain untuk memperlihatkan bahwa foto itu tidak diambil oleh diri sendiri. Dengan cara ini akun Anda akan terlihat lebih menarik perhatian.

5. Gunakan warna yang kontras

Anda perlu juga menggunakan warna foto profil Anda yang kontras dengan desain profil media sosial Anda. Ketika terdapat warna kontras di antara warna dominan, itu akan terlihat mencolok dan menarik perhatian.

Hal mudah yang perlu Anda pahami yaitu sebagai berikut.

  • Warna umum pada media sosial adalah biru (Facebook, LinkedIn, Twitter). Hal ini akan memperlihatkan warna yang tenang (cool).
  • Agar kontras, Anda bisa memilih warna sebagai lawan dari warna media sosial. Misalkan warna oranye merupakan lawan dari biru yang terlihat lebih hangat.

Mudahnya, warna utama di Facebook adalah biru maka Anda bisa menambahkan warna oranye dalam foto Anda. Warna utama WhatsApp adalah hijau, maka Anda bisa memberikan aksen warna ungu atau merah untuk menarik perhatian.

Meskipun sepele, hal itu akan membuat foto Anda menjadi lebih menarik.

Baca Juga : Edit Foto Lightroom Pakai HP Untuk Hasil Estetik

6. Gunakan latar yang simpel

Fokus dari foto profil seharusnya wajah Anda. Background yang ramai dapat mengalihkan fokus terhadap Anda serta akan terlihat tidak ideal. Praktik terbaik adalah menggunakan latar belakang berwarna sederhana atau datar.

Background juga bisa menjadi media untuk warna kontras tanpa mengganti pakaian. Hanya menggunakan latar belakang yang berbeda. Cyrus Shepard pernah menguji efek warna latar belakang pada rasio klik-tayang dan menemukan bahwa warna hangat mendapatkan hasil terbaik.

7. Terapkan 1 foto yang sama untuk beberapa media sosial

Tips ini akan berguna bagi orang-orang dengan nama umum. Jika Anda memiliki profil bisnis, permudah pelanggan Anda untuk menghubungi Anda di halaman media sosial yang berbeda dengan menggunakan foto profil yang sama.

8. Perlihatkan sedikit pekerjaan atau satu hal yang Anda suka

Jika Anda seorang pengusaha, Anda dapat menambahkan logo perusahaan ke foto profil. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan properti atribut pekerjaan seperti kamera pada fotografer atau background gunung jika Anda seorang pendaki.

Meskipun sepele, hal ini memudahkan orang dalam mengenali dan berinteraksi dengan Anda. Siapa tahu, seseorang dengan profesi atau hobi yang sama ingin berbagi cerita dengan Anda.

9. Pakai jasa fotografer profesional

Jika Anda serius tentang pemasaran media sosial, mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan jasa profesional dengan serius. Perbedaan kualitas antara pekerjaan profesional dan amatir sangat besar.

Harapannya, sebuah foto profil bisa memperlihatkan siapa Anda sebenarnya bahkan ketika Anda melakukan personal branding sekalipun.

10. Coba untuk survey

Jika Anda mempunyai banyak stock foto dan kebingungan untuk memilih, serahkan pada pengikut dan rekan Anda. Saat ini ada banyak aplikasi untuk memperlihatkan foto mana yang lebih disukai orang lain, seperti Instagram Story. Dengan begitu, Anda tidak perlu pusing untuk memilih foto yang mana.

Baca Juga : Tips Take Foto Profil yang Lebih Menarik

Selamat mencoba

Membuat foto profil media sosial yang oke cukup mudah kan? Jika Anda mempunyai tips lain, jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar.

Selamat mencoba!

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here