Penulis: Alhasbi

Apakah Anda pengguna setia produk elektronik pabrikan Taiwan, ASUS? Pernahkah Anda cek garansi peralatan ASUS yang Anda miliki?

Di Indonesia, ASUS terkenal sebagai sebuah pabrikan alat elektronik di mana menjual produk smartphone dan laptop. Setelah membeli perangkat ASUS, Anda mungkin perlu cek garansi produk yang Anda beli.

Umumnya, cek garansi dilakukan ketika ingin melakukan klaim karena terjadi sesuatu pada perangkat Anda. Namun tidak ada salahnya Anda cek garansi produk ASUS Anda untuk mengantisipasi adanya kerusakan yang mungkin bisa Anda klaim.

Pada kali ini Hidup Digital akan menjelaskan cara mudah cek garansi produk elektronik ASUS, yaitu smartphone dan laptop.

Cek garansi ASUS

Perlu Anda ketahui, garansi bagi sebuah produk elektronik merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan. Pastinya Anda tidak ingin rugi apabila terjadi kerusakan secara tiba-tiba bahkan tanpa sebab yang jelas.

Ketika hal itu terjadi pada Anda, maka solusinya adalah melakukan klaim garansi produk. Dengan cara ini, Anda tidak perlu untuk mengeluarkan uang demi memperbaiki alat elektronik ASUS Anda.

Namun klaim tidak akan berlaku ketika garansi produk Anda sudah habis. Dengan kata lain, Anda tidak bisa klaim garansi dan Anda harus mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya.

Biasanya, setiap pabrikan elektronik selalu memberikan garansi terhadap setiap unit produk mereka. Bagi perusahaan, hal ini juga sebagai upaya untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dan mengantisipasi adanya risiko ketidakpuasan pelanggan atas mesin yang mereka beli.

Kebanyakan orang melakukan cek garansi dengan cara mengunjungi gerai ASUS. Namun, jika Anda tidak mempunyai waktu luang maka Anda bisa cek garansi secara online.

Pasalnya, ASUS memberikan layanan khusus bagi para pengguna untuk melihat masa garansi atau cek garansi produk mereka. Adapun cara cek garansi produk smartphone dan laptop ASUS adalah sebagai berikut.

Baca Juga : Cek Smartphone ASUS Sebelum Membelinya

Cek garansi smartphone ASUS

Tidak seperti smartphone pada umumnya yang memerlukan nomor IMEI dan persyaratan lain, khusus pengguna ASUS bisa cek masa garansi secara langsung melalui perangkat smartphone.

Untuk melihat garansi, Anda hanya membutuhkan nomor seri (serial number) smartphone Anda.  Adapun nomor seri smartphone bisa Anda temui di beberapa tempat, seperti:

  • Bagian belakang case smartphone.
  • Tercatat di kartu garansi smartphone.
  • Kardus kemasan smartphone.
  • Di dalam perangkat smartphone.

Ketika Anda tidak bisa menemukan nomor seri di bagian case, kartu garansi, maupun kardus maka Anda bisa cek di dalam perangkat. Adapun cara melihat serial number di perangkat smartphone ASUS adalah sebagai berikut.

  1. Buka menu Pengaturan/Settings kemudian pilih Sistem/System.
  2. Setelah itu pilih Tentang Telepon/About Phone kemudian pilih Status.
  3. Scroll dan temukan bagian Serial Number/Nomor Seri di bagian bawah. Setelah itu, tulis nomor seri smartphone Anda kemudian ikuti langkah berikutnya untuk cek garansi.

  1. Buka mesin pencarian Anda kemudian kunjungi situs Pengecekan Status Garansi ASUS di https://www.asus.com/id/support/warranty-status-inquiry/.
  2. Masukkan nomor seri smartphone Anda di kolom yang tersedia kemudian tap Kirim atau Enter.
  3. Tunggu beberapa saat hingga situs memberikan detail informasi tentang masa garansi produk smartphone ASUS Anda.

Cek garansi laptop ASUS

Selain smartphone, ASUS terkenal sebagai produsen andal produk laptop. Tidak sedikit pengguna ASUS di Indonesia karena harga dan kualitasnya cukup bersaing dengan pabrikan laptop lainnya.

Sama seperti smartphone, Anda memerlukan nomor seri (serial number) untuk cek garansi laptop. Umumnya, nomor seri laptop bisa Anda ketahui di beberapa tempat meliputi:

  • Bagian bawah unit laptop.
  • Surat-surat garansi dan unit laptop.
  • Di dalam unit laptop.

Ketika tulisan di bawah unit laptop sudah tidak terbaca dan Anda tidak menemukan surat-surat yang ada di dalam kardus laptop, mungkin Anda bisa mencari tahu nomor seri di dalam laptop. Adapun cara cek nomor seri unit laptop sebagai berikut.

  1. Nyalakan laptop kemudian buka bagian Command Prompt (CMD).
  2. Setelah jendela CMD terbuka, ketik komando wmic bios get serial number kemudian tekan Enter.
  3. Tunggu beberapa saat hingga jendela CMD memunculkan nomor seri produk laptop Anda. Ketika sudah muncul, catat baik-baik nomor tersebut untuk melakukan cek garansi dengan cara selanjutnya.
  4. Buka web browser kemudian kunjungi situs Pengecekan Status Garansi ASUS di https://www.asus.com/id/support/warranty-status-inquiry/.
  5. Setelah itu, masukkan nomor seri di kolom yang tersedia, tandai agreement kemudian klik Submit.

  1. Tunggu beberapa saat hingga situs memberikan detail informasi tentang masa garansi laptop ASUS Anda.

Baca Juga : Cek Hardware HP ASUS dengan SMMI Test

Selamat mencoba

Cara cek garansi produk ASUS sangat mudah kan? Selain laptop dan smartphone, cara di atas juga bisa Anda gunakan untuk cek garansi produk pabrikan Taiwan lainnya.

Selamat mencoba!

Sumber

ASUS. (2022) How to inquire Warranty Status. asus.com

Laptop Repair World. Asus Warranty Check. laptoprepairworld.com

NSS. (2021) How To Check Warranty of ASUS Laptop. nsslaptopservicecenter.com

Warranty Claims. How To Perform an ASUS Warranty Check in No Time. donotpay.com

What is Any. How To Check Asus Laptop Warranty Status. whatisany.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here