Penulis: Alhasbi

Menulis rumus di Word akan memunculkan bentuk yang berbeda karena Word mempunyai format khusus untuk mengidentifikasi bahwa itu merupakan sebuah rumus. Nyatanya, hasilnya seperti saat Anda menulis rumus secara manual.

Untuk alasan tertentu Anda mungkin mencari cara menulis rumus di Word, khususnya untuk menulis dokumen ilmiah. Sebenarnya mudah, namun tidak banyak orang yang paham cara menulis rumus. Dengan begitu, pengaturan rumus ini menjadi suatu hal yang rancu dan Anda wajib tahu agar karya tulis Anda terlihat keren.

Hidup Digital kali ini akan memberikan cara mudah menulis rumus di Microsoft Word.

Cara 1, menggunakan Equation yang sudah ada

Perlu Anda pahami, Anda harus memunculkan format khusus untuk menulis rumus. Adapun Anda perlu memunculkan formula Equation agar tulisan terlihat sebagai sebuah rumus, bukan tulisan biasa.

  1. Klik Insert kemudian pilih Equation pada kolom Symbol.

  1. Anda bisa klik dropdown untuk memunculkan beberapa opsi rumus, atau klik untuk membuat format baru.

  1. Setelah itu, Anda bisa memilih format rumus yang sesuai dengan rumus yang ingin Anda tulis.

  1. Ubah isian rumus menjadi sesuai kebutuhan Anda.

Cara 2, membuat Equation secara manual

  1. Klik Insert kemudian pilih Equation pada kolom Symbol.

  1. Berbeda dengan sebelumnya, Anda bisa pilih Insert New Equation.

Adapun cara cepat untuk melewati langkah 1 dan 2 adalah dengan menekan Alt dan = (Alt dan sama dengan) menggunakan keyboard.

  1. Setelah itu, akan muncul kolom equation yang khusus untuk menulis rumus Anda.

  1. Ubah isi rumus seperti yang Anda inginkan.

Baca Juga : Panduan Cara Buat Footnote di Word

Menggunakan simbol rumus tertentu

Anda mungkin kebingungan ketika ingin menggunakan bentuk rumus tertentu seperti “per”, kuadrat, akar, dan sebagainya. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan simbol-simbol khusus berikut ini.

  1. Setelah sampai di langkah ke 4 di cara 1 dan cara 2, Anda bisa melanjutkan ke cara berikut ini.
  2. Klik tab menu Design, kemudian amati bagian Structures. Di kolom tersebut terdapat beberapa menu meliputi:
  • Fraction untuk menggunakan per.
  • Script untuk menggunakan pangkat.
  • Radical untuk menggunakan akar.
  • Integral untuk menggunakan integral.

  1. Pilih salah satu bentuk rumus yang ingin Anda gunakan, sebagai contoh adalah Radical. Klik bagian Radical kemudian pilih model yang Anda inginkan.
  2. Setelah itu, klik kolom yang ada di dalamnya dan tulis isian angka/kata/simbol yang ingin Anda masukkan dalam rumus.

Tips, menggunakan simbol dalam penulisan rumus

Selain itu, ada tips penting ketika Anda ingin menulis rumus menggunakan Microsoft Word. Adapun sebaiknya Anda menggunakan simbol-simbol yang tersedia agar sesuai dengan maksud kode pada rumus yang Anda tulis.

Misalkan, ketika menulis rumus dengan ikon x tentunya berbeda dengan huruf x yang tertulis pada tulisan biasa. Sehingga, Anda harus mengganti ikon x yang berbeda.

Adapun caranya, Anda hanya perlu memasukkan simbol-simbol yang Anda butuhkan melalui insert, yaitu sebagai berikut.

Setelah pada fase menulis rumus (langkah 4 di cara 1 dan cara 2, Anda bisa klik menu Design kemudian temukan simbol yang Anda inginkan di kolom Symbol. Setelah itu, klik simbol untuk memunculkannya ke bagian penulisan rumus.

Baca Juga : Cara Mengatur Margin di Microsoft Word 

Selamat mencoba

Cara menulis rumus di Word sangat mudah kan? Jika Anda mempunyai tips atau cara lain yang lebih mudah, silakan tulis di kolom komentar.

Selamat mencoba!

Sumber

Avantix Learning. (2023) How to Insert or Type the Sigma Symbol in Word. avantixlearning.ca

Java T Point. How to insert equations in Word document. javatpoint.com

Microsoft. Write an equation or formula. microsoft.com

Solve Your Tech. (2023) How to Insert a Square Root Symbol in Word. solveyourtech.com

Wiki How. (2022) How to Insert Equations in Microsoft Word. wikihow.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here